-

December 13, 2009

Profil Teguh Triyanto Dirut Riau Air Line

Profil Teguh Triyanto Dirut Riau Air LineSosok Teguh Triyanto belakangan menjadi dayak tarik berita setelah terpilih menggantikan Samudera Sukardi. Ia dilantik jadi Dirut Riau Air Line (RAL) saat Ultah ke-50. PEKANBARU RIAU- Teguh Triyanto mendapatkan momen mengharukan di saat hitungan usianya genap 50 tahun, 7 Desember lalu. Pria kelahiran Cilacap 1959 tersebut mendapatkan kado termanis sepanjang hari ulang tahunnya, yakni dilantik menjadi orang nomor satu di maskapai penerbangan milik Pemprov Riau PT. Riau Airlines (RAL).

“Pengalaman ini memang sangat berkesan. Saya dilantik menjadi Dirut RAL disaat ulang tahun, 7 Desember lalu,” tuturnya saat berbincang dengan riauterkini di Pekanbaru, Sabtu (12/12/09).

Meskipun menganggap pelantikannya sebagai Dirut merupakan kado termanis, namun Teguh bukan mengenyampingkan beban berat yang langsung berada di pundaknya begitu menjadi pilot bagi seluruh armada RAL. Terlebih selama ini para pendahulunya, selalu mengakhiri karir sebagai Dirut RAL dengan pahit. “Saya tak perlu merasa takut pada pengalaman pahit Dirut sebelumnya, tetapi yang terpenting adalah belajar dari kejadian itu agar bisa lebih baik,” tuturnya bijak.

Teguh juga sadar betul, bahwa posisinya saat ini bisa digolongkan sedang duduk di atas ‘kursi panas’. Status RAL sebagai BUMD kerap membuat arah kebijakan tak sepenuhnya murni bisnis, melainkan bisa dipengaruhi kepentingan politik. Kondisinya itu menurutnya adalah tantangan dan ia telah memiliki kiat untuk menyikapinya.

“Sebagai sebuah perusahaan milik daerah, apalagi pemilik sahamnya banyak daerah, mungkin saja muncul benturan kepentingan, tapi itu bukan domain saya. Tugas saya adalah bagaimana terus menjaga performen agar pengelolaan RAL tetap dalam kondisi baik,” ujarnya.

Mantan Vice President PT. Garuda Indonesia tersebut sangat sadar, di balik jabatannya sebagai Dirut RAL ada tugas luar biasa besar, mengingat kondisi RAL masih jauh dari baik. Memiliki banyak hutang dan belum punya sumber keuntungan yang besar. Prioritas terdekatnya saat ini adalah memperbaiki keadaan tersebut. “Paling tidak saya butuh waktu satu tahun untuk memperbaiki kondisi tersebut,” ungkapnya.

Perkuat Rute Sumatera

Saat menerima tawaran memimpin RAL, pria yang pernah memimpin Maskapai Garuda di Australia dan Inggris tersebut sudah paham betul kondisinya. Selain paham, ia juga sudah tahu akar penyebab kondisi sulit RAL dan sudah pula menyiapkan serangkaian strategis untuk mengatasinya.

Saat ini RAL memiliki 7 armada. 5 jenis Foker 50 dan 2 pesawat RJ-100. Dari ketujuh armada tersebut, baru 2 pesawat yang mampu menghasilkan untung. 5 pesawat lainnya terus menjadi sumber hutang perusahaan, terutama 2 pesawat RJ-100 yang melayani rute Pekanbaru-Jakarta. Setiap bulan dua pesawat tersebut menimbulkan kerugian Rp 5 miliar.

“Rute Pekanbaru-Jakarta tak bisa dipertahankan. Sangat membayakan, karena itu akan secepatnya kita tutup. Satu pesawat sudah kita alihkan. Satu lagi segera menyusul memperkuat rute-rute pendek di Sumatera,” paparnya.

Lebih lanjut Teguh mengungkapkan, meskipun RAL merupakan maskapai milik Pemprov Riau dan tengah digadang-gadang menjadi sebagai embrio Sumatea Airlines, namun justru dari 7 armada yang dimiliki, hanya 2 pesawat yang melayani rute penerbangan antarkota di Sumatera. Selain 2 pesawat RJ-100 yang melayani rute Pekanbaru-Jakarta, 3 pesawat jenis Foker 50 justru terbang di Nusa Tenggara Timur (NTT) melayani penerbangan ke Bali dan Sulawesi. Lebih ironisnya lagi, rute-rute di NTT masih merugi.

“Kalau-kalau misalnya sama-sama rugi, bagus lagi dialihkan ke Sumatera, karena RAL juga terikat dengan kewajiban melayani daerah-daerah yang menjadi pemilik saham,” tuturnya.

Karena itu, Teguh mengatakan dalam waktu secepatnya pihaknya segera mengalihkan 3 pesawat dari NTT untuk memperkuat rute Sumatera, terlebih setelah tercapai kesepakatan awal dengan salah satu maskapai penerbangan nasional untuk saling dukung. Bentuk kerjasamanya, RAL akan membuka jalur-jalur pendukung, seperti dari Rengat, Tembilahan, Pasirpangaraian dan lainnya ke Pekanbaru, selanjutnya penumpang RAL bisa melanjutkan penerbangan ke Jakarta dengan maskapai penerbangan nasional tersebut. “Jadi cukup beli tiket di Rengat, penumpang RAL bisa langsung ke Jakarta,” ungkapnya mengenai rencana kerjasama yang akan diteken akhir tahun atau paling lambat awal 2010 tersebut.

Selain menyiapkan sejumlah stategi pengembangan bisnis, Teguh juga mengaku telah punya kiat untuk memperbaiki kinerja internal. Ada tiga langkah yang langsung diterapkan dan menjadi kewajiban semua karyawal RAL. Pertama harus tepat waktu, kedua peningkatan pelayanan dan ketiga efesiensi. “Misalnya ada kerusakan mesin, saya selalu minta pada teknisi untuk memulihkannya secepat mungkin. Harus lebih kreatif dalam mengatasi masalah dengan cepat,” tegasnya.

Menurut Teguh, dalam waktu setahun ke depan, ia optimis RAL akan berubah menjadi lebih baik. Ia punya keyakinan RAL akan menjadi kebanggaan masyarakat Riau di masa mendatang. Sebab, Riau memiliki potensi besar, terutama dari aspek pertumbuhan ekonomi. Inilah yang menurutnya menjadi salah satu modal besar bagi RAL untuk bisa terus berkembang.***(mad)
===========================
Source: riauterkini.com

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

3 komentar to “Profil Teguh Triyanto Dirut Riau Air Line”

Halo Pak Teguh. Selamat Ya.
Pasang iklan RAL di blog ini dong pak Teguh,
atau kita dapat tiket RAL gratis untuk liputan wisata (***ngarep***)

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

selamat atas d angkatnya Teguh Triyanto atas Dirut Riau Airline

danuakbar.com said...
on 

Selamat buat pak teguh...:)

Mas acrom said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs