-

December 13, 2009

Main Stadium PON Riau 2012

Main Stadium PON Riau 2012
Pembangunan Stadion Utama Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012 Riau akan segera dibangun pada tahun 2009 ini. Mulai dari ide Gubernur Riau HM. Rusli Zainal untuk membuka dan membangun Riau dalam bidang sumber daya manusia (olahraga, pendidikan, dan seni) dan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau Provinsi Riau, ia mengusulkan menjadi tuan rumah sebuah event besar yang disiapkan oleh minggu olahraga nasional di tahun 2012 mendatang .

Sebelumnya ada 3 provinsi yang mengikuti pemilihan pada 12 Agustus 2006, yaitu:

* Riau
* Jawa Barat

Sementara itu, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Barat untuk mengundurkan diri dari pemilihan.

Riau akhirnya terpilih menjadi tuan rumah PON Riau 2012, dan sekaligus menjadi provinsi penyelenggara PON-5 dari luar pulau Jawa.

Main Stadium PON Riau 2012
Lokasi: Kota Kompleks Kampus Universitas Riau Pekanbaru, Riau

Konstruksi: dibangun pada tahun 2009 oleh Pemerintah Provinsi Riau

Kapasitas: informasi kurang lebih 43.000 kursi terakhir.

Kategori: A

Main Stadium PON Riau 2012

Main Stadium PON Riau 2012
Stadion ini adalah stadion utama event PON XVIII pada tahun 2012 yang akan diselenggarakan di Propinsi Riau. Beberapa olahraga akan dipertandingkan di seluruh venus-venus di 11 dari 12 kabupaten dan kota di Propinsi Riau, yaitu:

1. Kota Pekanbaru
2. Kota Dumai
3. Bengkalis
4. Kabupaten Kampar
5. Rokan Hulu
6. Rokan Hilir
7. Kabupaten Pelalawan
8. Kabupaten Siak
9. Indragiri Hulu
10. Indragiri Hilir
11. Kuantan Singingi
Kabupaten Kepulauan Meranti 12, informasi: kabupaten termuda di Provinsi Riau

Dan untuk venus sendiri di Pekanbaru di Rumbai Sport Center dan Kompleks Arena Stadion Nasional di Propinsi Riau Universitas Riau.

Main Stadium PON Riau 2012
Mewah dan megah stadion dengan desain khusus arsitektur dan budaya arsitektur Melayu modern, terinspirasi dari Lancang Kuning, layu armada kerajaan Riau, membuat stadion terbaik di Indonesia. Inspirasi Lancang Kuning makna kebangkitan sumber daya manusia di bidang olahraga yang dilambangkan dengan stadion yang juga ikut warisan melayu yang mencirikan Riau dan siap berlayar lautan di era globalisasi dan juga tetap teguh melawan segala tantangan dan hambatan. Dengan demikian pembangunan stadion ini harus dibangun besar dan kuat sehingga dapat berkumpul dalam semangat masyarakat Indonesia latihan fisik dan rohani ke Indonesia yang sehat di masa depan nanti.

Main Stadium PON Riau 2012
Riau adalah stadion nasional yang mempunyai fasilitas dan fasilitas olahraga sepenuhnya mendukung.

Sarana olahraga meliputi:
a. International Standard Football Pitch
b. Atletik
c. Squash-9 counts

Tempat duduk (kapasitas kursi)
a. Lower tier
b. Upper tier
c. Sebanyak lebih dari 43.000 kursi

Pendukung (sarana pendukung)
a. Podium dan Kamar VIP
b. Restoran - 9 unit
c. Toko - 18 unit
d. Management Office
e. Kedokteran unit
f. Masjid

Stadion Riau membangun stadion yang dirancang dengan atap yang transparan dan lingkaran tertutup sebagai pelindung para penonton dan pendukung. Di depan stadion juga membangun menara tinggi yang monumental. Di balik kekuasaan dan kebesaran, stadion ini juga merupakan presentasi dari kebangkitan sumber daya manusia lokal, terutama di bidang olahraga Riau visi dan misi Riau 2020. Stadion ini juga merupakan tengara ibukota provinsi Riau, kota Pekanbaru yang akan mengumpulkan semua orang Indonesia bersatu dalam acara Pekan Olahraga Nasional pada tahun 2012 tahun depan

Stadion utama sendiri dibangun di area dengan luas 100 hektar di kompleks Universitas Riau dengan biaya anggaran lebih dari 900 triliun. Mana selain pembangunan infrastruktur fisik di sekitar stadion, pemerintah juga berencana untuk membangun jalan lingkar di sekitar kampus Universitas Riau. Di mana jalan ini akan terhubung antara jalan HR Soebrantas dan Jalan SM Amin, dan Soekarno-Hatta Road.
Termasuk pemerintah akan membangun jembatan Siak Pekanbaru Siak III dan IV sebagai kota yang paling megah tengara yang akan menghubungkan antara pusat kota pesisir di mana di Rumbai Rumbai Sport Center akan digunakan sebagai tempat olah raga di kota Pekanbaru.

Selain persiapan untuk PON Riau 2012 tahun kemudian, stadion juga akan dipersiapkan untuk persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022.
____________________________

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

9 komentar to “Main Stadium PON Riau 2012”

Main Stadium PON Riau 2012, sebuah mimpi yang akan jadi kenyataan.... :D

Main Stadium PON Riau 2012 said...
on 

kereeeeennnnn!!!!

kangen ke pku neh aku... huhuhu

ferdivolutions said...
on 

Semangat terus, semoga Pekanbaru tambah top...

btw aku orang pku juga nih :)

Tutorial Blog said...
on 

semoga terlaksana dengan baik...

DuniaPiyen said...
on 

Ada juga disini yaa... hehehe :D..
anyway,, thanks bang :)

Kris Hadiawan, Open Mind Set said...
on 

megah euy..jadi mo kesana.

Sang Cerpenis bercerita said...
on 

900 trilyun???? g salah tuh??? yag bener 900 miliar kali.... nice pekanbaru

Anonymous said...
on 

keren sih, tp kok ada lintasan atletiknya ya
Jd jauh neh penonton....ato utk mengantisipasi rusuh supporter ya, maklum supporter indonesia masih suka perang-perangan

buditrianto said...
on 

ayeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeyyyyyyyyyyyyyyyyyy
bgus lah ada k majuan,,,

i love you riau,,,,
rindu sma riiau ,,,,
muuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaccccccccccchhhhhhhhhhhh

Anonymous said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs