-

May 23, 2009

Pulau Jemur Wisata Rokan Hilir

Pulau Jemur Wisata Rokan Hilir
Pulau Jemur adalah bagian dari sekian banyak wisata Rokan Hilir (Rohil). Kawasan Pulau Jemur merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau, yakni Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya. Pulau-pulau yang terdapat di Pulau Jemur ini berbentuk lingkaran sehingga bagian tengahnya merupakan laut yang tenang. Pada musim angin barat laut tiba, gelombang di Selat Malaka sangat besar sehingga biasanya nelayan-nelayan yang sedang menangkap ikan disekitar perairan Pulau Jemur ini berlindung di bagian tengah Pulau Jemur yang terdapat air laut yang tenang.

Setelah gelombang laut mengecil atau badai berkurang barulah para nelayan keluar untuk memulai aktivitas menangkap ikan kembali. Pulau Jemur memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya, disamping penyu-penyu tersebut naik ke pantai dan bertelur, penyu tersebut menyimpan telurnya di bawah lapisan pasir-pasir pantai, satwa langka ini dapat bertelur 100 sampai 150 butir setiap ekornya.

Untuk meningkatkan jumlah populasi Penyu Hijau, pemerintah Rokan Hilir melakukan kegiatan penagkaran penyu untuk mencegah terjadinya kepunbahan terhadap satwa langka ini.

Kawasan Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi dan 45mil dari negara jiran yakni Malaysia, sedangkan Propinsi Sumatera Utara merupakan propinsi yang terdekat dari Pulau Jemur. Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut dan pantai berpasir kuning emas.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

20 komentar to “Pulau Jemur Wisata Rokan Hilir”

Sunguh senang apabila kita bisa melestarikan sumber daya alam yang ada, termasuk mengenalkan obyek wisata yang ada seperti Pulau Jemur ini.

maos said...
on 

Pulau Jemur, baru denger namanya nih mas.

Ani said...
on 

kpan2 ajk aq y nanlimo ksna..
hehhe..

My Blog said...
on 

mantap ya pulaunya..
kapan ya bisa jalan2 ke riau..?
hehehe...

ifoel said...
on 

dinamain pulau jemur karena banyak yang berjemur ya?

nietha said...
on 

Pulau Jemur, pulaunya indah banget kayanya
di sungai kuantan banyak hal yang baru ya.,
aku juga baru tahu yang namanya pulau jemur lho..

Itik Bali said...
on 

jadi pengen ke sini.
Gimana kalo mau menginap disini? ada gak cottage nya?

osambas said...
on 

Pasirnya benar2 putih, dulu pernah kesana

eri-communicator said...
on 

Kapan bisa ke sana ya..??? Pacu jalur ajah belom terlaksana tuk mengobati mata akan keindahan yang terhampar...

IjoPunkJUtee said...
on 

Pulau Jemur??
Hmmm... baru denger nih, knapa ya dinamakan Pulau Jemur?

Salam kenal jg Sob dari bangsa Semut... hehehe...

riosisemut said...
on 

wew.. keren pulaunya..
jadi pengen ke sana he..he..

hryh77 said...
on 

makasih infonya, jadi tambah ilmu neh..

buwel said...
on 

Kapan2 mau donkz diundang kesana, heheee...

cak narto said...
on 

Subhanallah...ternyata Riau itu kaya akan project wisata nya mo...btw, kapan nih kami diajak jalan2 ke pulau jemur?? wah pasti asik tuh...pa lagi pemandangannya indah buanget , jauh dari polusi dan pencemaran lingkungan...ngapa gak diekspos aja, biar bisa terkenal seperti pantai di Bali dan pulau jawa lainnya..(saran aja loh)

h35ti said...
on 

gimana klw akses kepulau jemur dibuat jembatan ja pak bupati, biar lebih mudah kesana.

kurniawan said...
on 

wah baru denger nama objek wisata ini, lokasi nya di mana ya di peta ?

info wisata indonesia said...
on 

Hanya satu Harapan dan Comment saya sebagai putra daerah yang sudah pernah langsung melihat Keindahan pulau Jemur kepada atuk Anas (Visit Pulau Jemur and Rokan Hilir Year 2011). Karena keindahannya sama dengan keindahan Pulau Dewata bahkan lebih indah dari pulau Bali, jika ini benar- benar di kelola dengan baik sebagai pusat pariwisata oleh Pemkab Rokan hilir.

patriadi.adhie said...
on 

waduh kampung saya tu..rokan hilir city..:D ..Disana banyak pulau-pulau kecil yang melingkar berbentuk bundaran, dan kalau mau lihat penyu bertelur di pulan jemur tempatnya sob....

Misleim Mizy said...
on 

Pagi ini 5 jam lagi aku mau ke Pulau Jemur...tunggu kita publish ya tentnag keindahan Pulau Jemur.

Bagio No Roberto said...
on 

Seharusnya pemerintah mempunyai program yang berjalan untuk memajukan dan melestarikan keelokan Pulau Jemur ini, bukan malahan sibuk akan urusan yang tak karuan-karuan. Apa guna tuhan ciptakan alam yang INDAH ? kalau tak jua dijaga dan di kembangkan insan .

Felia Oktadiyanti said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs