-

May 21, 2009

Kuansing Menuju E-Gov

e-GovernmentKuansing Menuju e-Government (e-Gov). Kuansing adalah kabupaten yang tergolong muda dibandingkan dengan kabupaten lainnya di propinsi riau. Walau masih tergolong muda, Kuansing telah membuat berbagai gebrakan yang mumpuni terutama dibidang Teknologi Informasi (TI). Kuansing adalah satu-satunya kabupaten di propinsi riau yang mempunyai hotspot gratis dengan kecepatan 1 MB/s bandwidth. Sangat cepat sekali apabila dibandingkan dengan free hotspot lainnya di Riau yang hanya rata-rata mempunyai kecepatan 128-384 KB/s bandwidth.

Hotspot gratis pemda kuansing ini berlokasi di Taman Kota Teluk Kuantan, Lapangan Limuno, dan Komplek Perkantoran Pemda Kuansing. Hotspot gratis pemda kuansing ini tanpa pasword. Jadi lebih mempermudah masyarakat yang akan menggunakan layanan hotspot gratis ini. Untuk keamanan masyarakat dari bahaya media internet yang bak pisau bermata dua, maka Andi Ilham pengelola jaringan SIAK Pemda Kuansing telah membuat shofwere anti situs-situs porno.

Melalui jaringan intranet pemda kuansing, maka disetiap kantor camat di Kuansing telah memiliki acsespoint. Ini mencirikan kuansing selangkah menuju e-Gov, tinggal penerapannya dan keseriusan pemda. Sangat disayangkan apa bila pasilitas yang menggunakan uang rakyat ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Namun seperti kasus didaerah lain. Kabupaten Kuansing masih sangat lemah di bidang SDM.

E-Gov pada intinya adalah penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh suatu pemerintahan, daerah maupun pusat, untuk meningkatkan pelayanan publik, sehingga lebih nyaman, cepat, murah dan transparan. Pembangunan situs web pemda adalah salah satu dari sekian banyak TIK untuk peningkatan pelayanan pemerintah kewarganya. Namun demikian, pembangunan situs websaja kerap gagal.

Bukannya jarang, pembangunan e-Gov di daerah gagal. Disebabkan web dan TIK masih dianggap alat yang statis. Pembangunan situs web dianggarkan seperti proyek, setelah selesai tidak diupayakan pengoperasian dan perawatan dengan baik, sehingga tidak ada pembaharuan informasi.

Hal-hal kecil yang terjadi justru menjadi penghambat dan sangat berpengaruh, contoh nyata adalah kemampuan office para karyawan, awareness para pimpinan, dan belum adanya komitmen mengubah budaya kerja secara nyata.

Tentu masih sering kita jumpai dibeberapa instansi pemerintah daerah (pemda), computer masih dipahami sebagai pengganti alat ketik, aplikasi perkantoran semacam Word dan Excel masih dioperasikan sebagaimana layaknya mesin ketik, fungsi-fungsi dan fitur yang membantu kecepatan pengolahan dokumen malah tidak diaplikasikan, pembuatan dokumen standar semacam undangan, surat perintah, dan berbagai surat dinas lainnya diketik persis seperti menggunakan mesin ketik, atau pembuatan tabulasi di aplikasi spread sheet semacam exel, juga bernasib tidak jauh berbeda.

Sungguh ironis, ditengah gencar dan gebyarnya implementasi e-Gov di banyak pemda, pengetahuan dan keterampilan dasar malah terlupakan. Untuk hal-hl yang mendasar saja masih gagap, bagaimana nasib proyek sekaliber eGoverment yang alih-alih mau meng-online-kan semua hal malah terperosok dalam masalah klasik e-Gov yaitu ketidak sediaan Sumber Daya Manusia (SDM). Bahkan yang paling menyedihkan, kemampuan TIK masih dipandang sebelah mata dan hanya diposisikan sebagai “mesin ketik” serta biasanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah menjabat diberbagai level eselon menjadi alergi dan merasa “gengsi” untuk mengoperasikan computer, “kan sudah ada staf yang mengetikkan segala sesuatu,” dalih mereka membela diri.

Baiklah sobat, panjang banget ya tulisannya, jadi pegal di jari, hehehe.. mau tahu cerita selanjutnya? Dipostingan berikutnya akan hadir tulisan tentang beberapa factor untuk mengoptimalkan e-Gov. Tetap setia selalu, Tongkrongin terus weblog Wisata dan Budaya Riau ini, hehehe…

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

24 komentar to “Kuansing Menuju E-Gov”

wah keren ya udah geratis kuenceng lagi. tapi ga bisa ngebluez UDAH DIBLOKIR

SENDAL JEPIT said...
on 

perasaan ganti baju ya

SENDAL JEPIT said...
on 

Wah semoga bermanfaat bagi generasi muda fasilitasnya. Buat maen Game bisa ga ya...

dafiDRiau said...
on 

wew.. mantab..
makin maju aja he..he..

hryh77 said...
on 

iya nih,,semoga semakin banyak aja seminar training untuk para karyawan
agar bisa memanfaaatkan fitur2 yang ada selain word yang ngetik melulu
hehehehehehe

yanuar catur rastafara said...
on 

tambah mantap aja kuansing.... sudah lama tidak jalan kesana.....

DuniaPiyen said...
on 

Wah, mantap nie!

cak narto said...
on 

Semoga kab/kota lain bisa mengikuti jejak kuansing, tapi jangan hanya sekedar e-gov, gcg harus tuh . mutlak.

eri-communicator said...
on 

mantap sob kuansing i like u..
tar aku buat endiri ahhh

bunga raya said...
on 

Aku tetep setia.....

IjoPunkJUtee said...
on 

Maju terus untuk Kabupaten Kuansing.... sukses ya..?

Ifoel said...
on 

WAh Keyen juga Kuansing.... Kalah lah pula Pekan... Kapan2 Kesanalah kita main Internet gratis dengan Kecepatan Tinggi, hehehe

Laksamana Embun said...
on 

wah jadi pengen pindah ke taluk neh bro

attayaya said...
on 

hennah kalao kebutuhan dasar untuk mengoperasikan eGov seperti tersedianya SDM sudah tidak terpenuhi, lantas apa rencana peluncuran eGo bisa berjalan seperti yang diharapkan *mustahil*

oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk
ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan manjakan mata, telinga dan waktu anda dengan samsung LED TV.
awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

Gadget and Technology said...
on 

Bang Link website saya dibuang ya?
saya udah ngelink website ini kok bang?
makasih.

Andi said...
on 

enak ya udh ada hotspotnya
klo dibdg hotspot hanya utk mall doang itupun gak semuanya...mknya gak asik

Linda Belle said...
on 

Wah enak donk bisa intermetan gratis yah ... jadi iri nich ..

Pixel said...
on 

whow kren...gretong..
di jkt aja belon ketemu, musti pake password, buntutnya bayaar juga makan minumnya!

donalduck said...
on 

mudah2an tambah berjaya aja...!!!

Tengku Khairil Ahsyar said...
on 

wah keren...
kalo semua pemda seperti ini, mungkin akan lebih maju.

NuMail said...
on 

kalo di kab. Bandung sangat susah cari hotspot...

Hisab Falak said...
on 

Moga Kuansing makin maju ya!

Ani said...
on 

aku bangga ama pemda...karna pemda menciptakan kebahagiaan ama masya...rakat....aplgi ad HOTSPOT GRATIS!!!!MGA PEMDA KUANSING MAJU LGI YAAAAAAAAAAAAAAAA

febygusrianto said...
on 

Ada yang bilang, Sepertinya beberapa tahun kedepan ini pemerintah fokus ke masalah pengembangan SDM aja dulu. Terutama mengenai perkembangan IT. Nah kalo dah punya banyak SDM yang jago, baru deh mererapkan E GOV. Jangan fasilitasnya dulu yang dibeli. Nanti pas SDMnya dah ada, alatnya sudah rusak.
BTW Ikutan Bang Atan pindah ke Taluk ah... Hehehe...

bang FIKO said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs