-

March 09, 2010

Wisata Murah dengan Hospitality Exchange

Wisata Murah dengan Hospitality Exchange

Konsep Hospitality Exchange, atau dikenal juga dengan “accommodation sharing”, “hospitality services” (short “hospex”), dan “home stay networks”, merupakan jejaring sosial yang dikelola secara terpusat dari individu-individu, umumnya pelancong (travelers), yang menawarkan atau mencari akomodasi tanpa transaksi uang. Umumnya mereka terhubung via internet.

Konsep ini dirintis sejak 1949 oleh Bob Luitweiler yang mendirikan hospitality service pertama kalinya dengan nama Servas Open Doors suatu organisasi lintas kebangsaan, nir laba, sukarela yang berusaha mengadvokasi perdamainan antar ras dan antar bangsa. Pada tahun 2004, Casey Fenton memulai CouchSurfing, yang saat ini merupakan organisasi hospitality exchange terbesar di dunia.

Melalui hospitality exchanges, tuan rumah dapat menunjukkan obyek atau tempat wisata menarik yang sering tidak masuk dalam peta wisata dunia bahkan di buku panduan wisata lokal sekali pun. Saya pikir konsep ini adalah peluang besar bagi Riau untuk mengenalkan pariwisata Riau kepada dunia. Dengan pemasaran konvensional seperti saat ini, sulit bagi Riau untuk bersaing dengan tujuan wisata utama seperti Bali, Yogyakarta, Lombok, Manado, Toba dan lain-lain. Blogger yang sudah merintis menyediakan informasi wisata online, tentu akan lebih luar biasa bila bergabung dengan komunitas hospitality exchange. Hospex + Blogging = kombinasi yang luar biasa.

Memang Hospitality exchange adalah klub traveler. Tetapi juga terbuka untuk mereka yang masih bermimpi untuk melancong keliling dunia. Bila saat ini belum punya cukup dana dan waktu untuk keliling dunia, mungkin bisa diawali dengan menjadi tuan rumah. Tentu saja dengan mengikuti Hospitality Exchange biaya melancong lebih murah, akomodasi gratis, makan bisa masak sendiri di dapur tuan rumah atau tergantung kesepakatan dan saat ini tersedia banyak tiket murah dengan low fare air flight seperti Air Asia atau Jet Star.

Banyak kelebihan, banyak juga kekurangan. Bila ingin bergabung dengan komunitas ini lebih baik pelajari dengan baik terlebih dahulu. Kunjungi situs klub Hospex seperti:
• CouchSurfing –
• Hospitality Club -


Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

3 komentar to “Wisata Murah dengan Hospitality Exchange”

Hajar terus bro.. promosi terus menjelang PON!

Densus 88 Buat Nyawa Tak Berharga said...
on 

Mantap program itu kawan...perpaduan dua promosi wisata yang seiringan....dan bisa menjadi daya tarik utk wisatawan mengunjungi Riau....sukses selalu utk Riau dan wisatanya...

Dinoe said...
on 

wah, keren nih.

Sang Cerpenis bercerita said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs