-

February 24, 2010

Taman Budaya Riau

Taman Budaya Riau

Taman Budaya Riau merupakan sebuah unit pelaksana teknis dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau, senantiasa berusaha memberikan dukungan baik dalam hal sarana maupun pra sarana guna kemajuan Kebudayaan di Provinsi Riau. Dengan fasilitas yang dimiliki Taman Budaya Riau saat ini, yang antara lain seperti, Gedung Olah Seni, Rumah Tari, Teater dan Rupa serta Wisma Seni, diharapkan Taman Budaya Riau mampu menampung para pelaku seni dan budaya untuk beraktifitas dalam mencipta maupun mempergelarkan karya cipta tersebut.


Tahun 2009 ini Taman Budaya Riau kembali menjadi UPT (unit pelaksana teknis) dan kembali menyadang nama Taman Budaya setelah beberapa tahun berganti nama dan fungsi menjadi Balai Penelitian dan Pelatihan Dinas Kebudayaan, Kesenian dan pariwisata Provinsi Riau. Inipun merupakan suatu perubahan positif yang diyakini mampu lebih meningkatkan kinerja Taman Budaya Riau yang akhir diharapkan dapat meningkatkan Kebudayaan itu sendiri.

Beberapa fasilitas yang di Taman Budaya dan dapat dipergunakan bagi para pelaku seni adalah antara lain :


Gedung Olah Seni
Gedung Olah Seni

Fasilitas ini dapat dipergunakan untuk keperluan pergelaran karya baik itu musik, tari, teater maupun pameran seni rupa, dan lainnya. Gedung inipun telah dilengkapi dengan fasilitas genset yang dapat digunakan bila perlukan.


Rumah Rupa Lontiak
Rumah Rupa Lontiak

Fasilitas ini diperuntukkan bagi para perupa dalam mengimajinasikan karya – karyanya.


Rumah Tari Umar Umayyah
Rumah Tari Umar Umayyah

Rumah tari Umar Umayyah, sesui dengan namanya yakni rumah tari, dapat dipergunakan untuk tempat latihan tari. Difasilitasi dengan cermin agar para penari dan penata tari dapat lebih maksimal dalam bereksplori. Saat ini , sudah ada beberapa sanggar atau kelompok tari yang telah menggunakan fasilitas ini seperti, sanggar tari Malay dan Tameng Sari.


Rumah Teater Ibrahim Sattah
Rumah Teater Ibrahim Sattah

Fasilitas yang baru saja direnofasi ini, adalah untuk para pelaku teater dan berkarya.


Teater Terbuka Bustamam Halimi
Teater Terbuka Bustamam Halimi

Sama halnya dengan Gedung Olah Seni, teater terbuka ini dapat dipergunakan untuk keperluan pementasan karya seni.


Teater Terbuka Sulaiman Syafii
Teater Terbuka Sulaiman Syafi'i

Sama halnya dengan Gedung Olah Seni dan teater terbuka Bustamam Halimi, teater terbuka ini juga dapat dipergunakan untuk keperluan pementasan karya seni. Hanya saja ukurannya lebih kecil. Semua fasilitas ini, dapat dipergunakan tanpa di pungut bayaran. Kalaupun ada, itu hanya untuk biaya kerbersihan semata.

Intinya, kebaradaan Taman Budaya lebih diutamakan sebagai wadah bagi para pelaku seni dalam berkarya dan mementaskan hasil karyanya.

Semoga kedepan, kesenian Melayu Riau yang bermuara pada Kebudayaan Melayu dapat lebih berkembang lagi.


Trackback: Malay Music Institute

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

4 komentar to “Taman Budaya Riau”

Duh..indahnya^^

SunDhe said...
on 

Horreee....!! Dhe yang pertama :D

SunDhe said...
on 

moga makin lestari...

a-chen said...
on 

maju terus kesenian melayu riau...

buwel said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs