-

January 30, 2010

Permainan Gasing di Tanjungpinang

Permainan Gasing di Tanjungpinang

Permainan Gasing tidak asing lagi di Nusantara ini, karena gasing merupakan salah satu permainan tradisional tertua di Indonesia. Masing-masing daerah mempunyai ciri khas tersendiri pada gasing yang dimainkan di daerah itu. Kali ini kita akan bercerita tentang Permainan Gasing di Tanjungpinang, Sebuah Pulau yang erat kaitannya dengan Budaya Melayu.


Di daerah Tanjung Pinang tepatnya di kampung Manisa, Baranti Sidrap, memiliki ke unikan bentuk gasing yang dimainkan, beberapa bentuk gasing diantaranya: made’pak ( Gemuk ) dan Malongke ( Kurus ) dengan tinggi 9 – 10,5 cm, diameter badan : 6 – 6,5 cm, keliling badan 18 – 20,7 cm dan berat : 147 – 200 gram.



Bahan / jenis kayu yang digunkan untuk membuat gasing adalah Ace – Ace.

Arena permainan gasing biasanya di tanah padat, halus, tidak retak, dan tidak berumput dengan ukuran + seluas lapangan tenis berbentuk persegi panjang.

Permainan gasing di Tanjungpinang dimainkan oleh anak-anak / remaja / orang tua dengan jumlah pemain sesuai kesepakatan. Sistem pertandingan bisa secara beregu maupun perorangan. Aturan permainan pertandingan yaitu sistem pukul mati dan sistem diputar.



Membuat+Gasing+di+Tanjungpinang

Waktu pemain sesuai kesepakatn bersama diantara pemain. Peralatan pendukung bermain gasing adalah tali yang panjangnya 157 – 185 cm dengan diameter pangkal 4 mm, ujung 2 mm. Bahan tali umumnya berasal dari serat awaru. Teknik pembuatan tali gasing : ambil dua lembar serat Awaru, dibuat tali pada pertengahan + 4 cm, kemudian dibuat tali + 4 mm (pangkal ) ke ujung + mm ( makin keujung makin kecil )



Cara bermain dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu : pertama, Regu 1 memukul mati semua gasing, regu 2 manade’ ( melempar ) dengan jarak Gasing Tj. Pinangtertentu, contoh 10 meter dipasang semua gasing lawan kemudian dilempar, kalau ada dikena, dapat point, dilanjutkan lagi dengan pukul mati. Kalau tidak ada dikena pada waktu mangade’ atau tidak habis mati diadakan pertukaran pemain. Kedua, pemain bersama memutar gasing ( sistem gugur ).



Menarik bukan? karena di Indonesia ini banyak berbagai macam bentuk gasing, saya pun berminat melestarikannya dengan cara menjadi kolektor Gasing, namun sampai sekarang belum terwujud. Sayangnya sampai saat ini Gasing jarang dimainkan oleh anak-anak Indonesia. Salah satu bentuk pelastarian permainan gasing ini pernah saya tulis dalam postingan Festival Gasing, 31 Regu Gasing Siap Berlaga. Semoga permainan tradisional ini tidak tinggal nama saja.


Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

7 komentar to “Permainan Gasing di Tanjungpinang”

gasing ni permainan lama...

ery said...
on 

kao gasing di tempat aku, ngga sebagus ini, hihiih, dari kayu, tapi tetep aja aku ngga suka mainnya :D

None said...
on 

wah.. saya suka gasing nih.. nice info.. thx

gado gado gado gado gado said...
on 

traditional Uy...

Mamas Ipenk said...
on 

wah permainan gasing memang perlu dilestarikan

kawanlama95 said...
on 

jadi ingat masa kecil dulu hehe, tapi saya sepertinya lupa cara mainnya hehe....

Blog Berbagi Hati Menjadi Dofollow said...
on 

jalan-jalan ah ke Riau.....

Lukmancom said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs