-

December 13, 2009

Sisi lain ANGKOT

Karena sangat umum, mungkin ANGKOT menjadi benda yang biasa-biasa saja bagi kita yang tinggal di Indonesia. Nothing special! Bahkan bagi sebagian kita, ANGKOT merupakan makhluk yang paling menyebalkan di jalan raya. Suka berhenti seenaknya, menyalib dari sisi manapun dia mau, dan tak jarang menyerempet mobil atau motor yang kita tunggangi. Tapi bagi teman-teman saya dari mancanegara yang baru pertama kali ke Indonesia menganggap ANGKOT sesuatu yang unik, yang tidak mereka temukan sebelumnya di negaranya atau bahkan negara lain yang pernah mereka kunjungi.

Kalau kita perhatikan, masing-masing daerah sebenarnya punya ANGKOT dengan keunikan tersendiri. Namanya juga berbeda-beda. Di Banda Aceh dinamakan labi-labi. Di Pekanbaru disebut oplet. Di pedesaan Sumatera Barat ada oplet cigak baruak. Di Makasar disebut pete-pete. Di Kupang dinamakan Bemo. Kebanyakan ANGKOT & Co yang beredar saat ini adalah mini-van rakitan karoseri yang memang didesign untuk itu. Tetapi masih dapat ditemukan juga truk pick-up yang dimodifiksi menjadi kenderaan pengangkut penumpang (bahkan di Flores truk dimodifikasi menjadi Bis Kayu). Dibeberapa daerah, seperti Pekanbaru dan Kupang, angkot memasang sound system dengan suara yang sangat keras... gokil abis!

ANGKOT sedikit banyak menggambarkan karakter masyarakat di daerah setempat. Masyarakat Manado yang terkenal perlente dan relijius, tercermin dari sikap mereka di ANGKOT. Di Manado tempat duduk angkot tidak seperti di daerah lain yang disusun saling berhadapan, tetapi semua menghadap ke depan sebanyak 3 - 4 baris. Kebanyakan ANGKOT di kota itu memutar lagu-lagu rohani kristiani di perjalanan. Oplet Cigak Baruak yang kita temukan di Sumatera Bagian Tengah, menggambarkan masyarakat pedesaan yang produktif (alat angkut dirancang untuk memudahkan mengangkut penumpang dan hasil pertanian sekaligus). Hehehe Semacam "sosiologi perangkotan"...

Sisi lain ANGKOT Angkot (Depok, Indonesia)

Sisi lain ANGKOT Labi-labi (Banda Aceh, Indonesia)

Sisi lain ANGKOT Oplet cigak baruak (SUMBAR, Indonesia)

Sisi lain ANGKOT Bis Kayu (Flores, Indonesia)

Setali tiga uang dengan Indonesia, di negara tetangga juga ada angkutan penumpang yang unik. Bahkan menjadi bagian dari promosi wisata mereka.

Sisi lain ANGKOT Tuk-tuk versi Laos, berbeda dengan Thailand

Sisi lain ANGKOT Jeepney (Filipina), Bus berkepala Jeep

Bagi traveler yang berprinsip "like doing what the local do"....naik ANGKOT & Co merupakan hal yang menarik untuk dilakukan sebagai experience perjalanan di negara berkembang seperti kawasan ASEAN.

ANGKOT memang sering menyebalkan. Dari pada sakit hati, lebih baik melihatnya dari perspektif yang berbeda, yang mungkin malah bikin kita tersenyum sendiri.

Bagi sahabat Blogger yang memiliki koleksi foto ANGKOT yang khas dari daerahnya, mohon kiranya dapat di-share dengan saya. Silahkan kirimkan ke syafrison.idris@yahoo.com

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

17 komentar to “Sisi lain ANGKOT”

Emo, beberapa hari ini blog kita diwarnai hal-hal yang berat; korupsi, ilegal loging, isu KKN rekrutmen CPNS dll. Saya reposting tulisan ini untuk menu akhir pekan.

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

wah angkot daerah ku udah di pajang...
hihihi....yg dari flores gede banget, itu truk kan? tapi dijadikan angkot? kreatif bener

Clara said...
on 

aku jadi pingin naik dokar, andong, delman, dan kereta kuda!

nuansa pena said...
on 

huahahaha
angkot yang di pilipines keren tuh
andai aja aq bisa jadi keneknya
hehehehe

yanuar catur rastafara said...
on 

aku lbh suka naik angkot dr pd naik bis,tp ada cerita yg buat aku malu,klo d malaysia turun dr bis ada trotoarnya jd sejajar dgn pintu,pas naik angkot d kampungku lupa asal turun aja tahunya tinggi banget alamat tersungkur deh jidat nyium tanah

elpa said...
on 

@Clara
@Nuansa Pena
@Yanuar
@Elpa
Thanks
Kita sering sedih, bahkan pesimis dengan kondisi bangsa ini. Tapi kalau mengingat2 betapa kayanya bangsa kita (ANGKOT ini salah satunya)...kita jadi lebih optimis

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

di Sulsel juga masih banyak Angkot Brother ada juga yang namanya mobil kampus mirip-mirip yang di Banda Aceh Itu

Munir Ardi said...
on 

akhirnya tampilan blognya jreng lagi

Munir Ardi said...
on 

@PakNgah: nicepost Pak Ngah....
mengendurkan otot sayaraf yg bersitegang selama sepekan ini...

Wisata Riau | Pekanbaru Riau said...
on 

@PakNgah: oh ya.... Angkot Depok mirip OPlet Pekanbaru tuh... :D

NanLimo Bertuah said...
on 

Seandainaya angkutan umum lebih enak dan lebih nyaman untuk di naiki bahkan dalam biaya juga murah. Sehingga kemacetan lalu lintas tidak akan terjadi dengan semakin banyaknya kendaraan mobil dan sepeda motor di kota kota besar. Seandainya dengan menaiki angkot yang nyaman, tidak berhenti di tengah jalan hanya karena mencari penumpang, lebih ekonomis daripada naik sepeda motor maupun mobil. pasti akan banyak angkot yang mulai dilirik untuk dijadikan alat tranport ke kantor, sekolah, dan lainlian.

artikel psikologi said...
on 

bener2 pengamat angkot mantep hehe
kalo kopaja ama metromini gmn ? :)

atics said...
on 

Angkot banyak membantu masyrakat kelas mengah kebawah!

Ronaldo Rozalino said...
on 

@artikel psikologi:negara manapun butuh transportasi massal yang nyaman, saya sudah menulis sosiologi perangkotan, kami tunggu kupasan psikologi perangkotan :))

@atics: tepatnya pengguna angkot yang mengamati angkot

@ronaldo: betul angkot lebih berjasa kepada rakyat kecil, dari pada politisi yang cuma menggunakan wong cilik untuk kampanye politik :(

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

di Jakarta namanya bemo tapi dah mulai kurang tuh. ada juga angkot biasa. namanya ya angkot.

Sang Cerpenis bercerita said...
on 

@Thanx Sang Cerpenis...(***langsung menuju TKP untuk baca Cerpen***)

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

yg plng keren di manado, full sound sistem, da LCDnya..,nonton video klip gratis..,hehe + tempat duduk yg super nyaman, kayak mobil pribadi euy..

Anonymous said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs