-

November 13, 2009

Hibah Sejuta Buku Ala Blogger

Hibah Sejuta Buku Ala Blogger
Saat ini kostan aku bagai kapal pecah. Seungguk disana seungguk disini. Karena beberapa bulan yang lalu saya baru saja pindah kostan. Harta paling berharga yang saya punya adalah buku-buku, jadi yang seungguk disana seungguk disini itu adalah harta saya yang paling berharga. Sarang-sarang harta itu tidak bisa lagi memuat buku-buku ku. Macem banyak jee buku ku. Hehehe..

Namanya aja anak kost, buat rak buku saja alakadarnya, gampang dibuat dan gampang pula rorak / hancurnya, hehe. Sejak jadi mahasiswa pengacara (pengangguran banyak acara) sampai ga sempat ngurusin tu harta-harta ku, macem tak sayang jee. Lalu tebersitlah sebuah ide.. tuing..tuing..--> bagai mana kalau sebagian buku ku ini aku hibahkan kepada yang lebih membutuhkan walau aku sangat mencintai buku-buku itu.

Namun sebuah pituah pernah masuk ditelingaku dan meresap ke hati. "Pemberian yang paling berharga adalah memberikan benda yang paling disayangi atau dicintai" Lebay Mode On..hohoho.. Setelah dipikir-pikir aku bulatkan tekad untuk menghibahkan sebagaina buku-buku ku itu. Hmm.. tapi kayaknya kurang banyak malu juga nih.. Eits.. tunggu dulu.. aku kan punya Blog Wisata Riau ini. Sebuah ide tambahan pun mengalir berkat baca sana sani dan seminar Aktivism Online yang diadakan sewaktu saya menghadiri Pesta Blogger 2009 yaitu dengan cara membuat gerakan Online. Wadahnya bisa Blog dan jejaring sosial lainnya. Semoga saja gerakan ini bisa menjalar ke Faceboker.

Hibah Sejuta Buku Ala BloggerLagian Percuma dunk saya punya komunitas. Bersama Pasti Bisa. Maka melalui postingan ini saya mengajak kawan-kawan Blogger di Pekanbaru Khususnya (karena saya berada di Pekanbaru) dan tidak tertutup bagi kawan-kawan Blogger di luar Kota Pekanbaru Riau untuk bahu membahu memberikan sebagian harta kesayanganya--Buku untuk kita hibahkan kepada yang lebih memerlukannya. Ini hanyalah sebuah wacana awal, setelah saya kontak kawan-kawan di Blogger Bertuah mereka sepakat. Wah so pasti gerakan individu ini akan menanjak kepada gerakan online komunitas. Apalagi di Riau ada dua Komunitas Blogger, yakni Jalur Blogger (Kuansing Blogger Community) dan Blogger Bertuah (Komunitas Blogger Pekanbaru).

Lho.. kalau hanya mengumpulkan buku lalu menghibahkannya kemana? Jangan takut, so sewaktu aku bertualang ke Kepulauan Meranti (Kabupaten yang baru terbentuk di Riau) aku menemukan banyak sekali desa atau perkampungan yang anak-anak disana haus akan buku dan saya juga pernah bercakap-cakap dengan salah seorang Guru di perkampungan Melayu Riau pesisir ini. Saya yakin dengan adanya dia buku-buku yang kita hibahkan tidak akan sia-sia. Saya yakin gerakan ini bak bola salju.

Ayo...Buruan Hibahkan sebagian buku-buku kamu


Caranya gampang.. tinggal komentar di kolom komentar untuk mendukung gerakan ini. Tempat untuk mengumpulkan buku-bukunya segera menyusul... setelah banyak dukungan. Karena saya belum bertemu ofline dengan kawan-kawan dikomunitas untuk menentukan tempat pengumpulan buku-bukunya. Siiiip............!!!!


Update Pertama



Semoga yang mendukung gerakan Hibah Sejuta Buku Ala Blogger ini mendapatkan pahala yang setimpal.. Amin.. Apalagi yang benar-benar turut menghibahkan buku-bukunya.

Seperti janji saya untuk kita semua. Mengenai gerakan Hibah Sejuta Buku Ala Blogger ini benar-benar akan direalisasikan. Setelah diskusi dengan kawan-kawan di Komunitas Blogger, dari Pekanbaru, Kuansing, Kalimantan, dan Papua. Mereka Sangat Support dengan gerakan ini. Lalu saya usulkan ide untuk menjadikan gerakan ini menjadi Gerakan Bloger Nasional, dengan konsep Hibah Sejuta Buku Ala Blogger ini akan diakomodir kawan-kawan komunitas blogger di setiap daerah. Tapi saya baru kontak beberapa Komunitas Blogger. Mohon Bantuan kawan-kawan yang mampir disini untuk menyampaikan pesan ini di Komunitasnya masing-masing.

Bagi yang tidak punya komunitas bisa juga juga turut serta dengan cara langsung menghubungi Komunitas yang terdekat. Kalau mau juga bisa langsung melalui saya.

Untuk Wilayah Riau telah disepakati dari kawan-kawan komunitas Blogger di Riau saya yang mengakomodir gerakan ini. Oleh sebab itu segera layangkan Buku-buku anda untuk anak-anak generasi penerus bangsa melalui :

alamat: JL. Swakarya. Perum Mutiara Permai. Blok C No.12. Panam, Pekanbaru Riau. 28293
Email: nanlimo@gmail.com
Contack: +627614867971


Tidak Tertutup kemungkinan Gerakan Online ini akan lebih meluas, maka kita semua menghimbau kepada Kawan-kawan Komunitas Blogger lainnya untuk bergabung dalam gerakan ini.


Sepesial Thanks Untuk Sketsa Chowzn atas Design Logonya.

Update KeDua


Akhirnya saya bisa chat dengan kawan-kawan komunitas, Blogger dari Papua (Qayahati.com) dan Jember, Cak Bud (untukindonesia.com). Dari Hasil Chat singkat yang membawa ide baru. Bahwa Gerakan Hibah Sejuta Buku Ala Blogger ini akan di gaungkan keseluruh negeri demi mencerdaskan bangsa ini. Setelah mendengarkan cerita Aya (Qayahati.com) dari Papua, ternyata di negeri Cenderawasih itu sangat banyak anak-anak yang membutuhkan buku yang haus akan ilmu. Alangkah indahnya jika kita blogger Indonesia bersatu padu dalam gerakan ini. Lalu sebuah ide cerdas dilayangkan Cak Bud di kotak YM bagaimana kalau untuk saat ini kita soundingkan dulu gerakan ini sambil menjalin komunikasi dengan kawan-kawan Blogger Indonesia lainnya. Cak Bud juga menawarkan konsep, yaitu:

1. Sumbangan tidak berupa buku, tapi uang seharga buku, karena bagi yang luar provinsi biaya paketnya lumayan.
2. mekanisme pengirimannya.

Sebuah ide yang cemerlang, jadi pada kawan-kawan bloggers yang membaca postingan ini, bisa juga menyampaikan ide-idenya di kolom komentar dan ide cerdasnya itu akan di update di postingan ini dengan backlink. Pada akhir pekan ini (21-22/Nov/09) saya dan kawan-kawan Blogger Bertuah akan membahas hal ini lebih lanjut.

Update KeTiga


Sebuah kreativitas seni design telah disumbangkan oleh salah seorang sahabat yang ngeBlog tentang Design, dia Fajar Design. Kreativitasnya berupa Banner Gerakan Hibah Sejuta Buku Blogger Indonesia. Jadi dengan adanya banner ini maka semakin merialah Gerakan Hibah Sejuta Buku Ala Blogger ini. Bagi kawan-kawan yang tidak sempat berpartisipasi langsung memasang bannernya jadilah, betul tidak? :D
Nih link Bannernya --> Banner Gerakan Hibah Sejuta Buku

hibah sejuta buku

UPDATE HIBAH BUKU 2012 FASE ke-3
Hibah Sejuta Buku ala Blogger Fase Ketiga, informasi lengkapnya silahkan baca post teman saya di Attayaya.Net

Hidup Blogger Indonsia, Jayalah Indonesia


Informasi Lainnya yang dianggap perlu akan segera di update.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

247 komentar to “Hibah Sejuta Buku Ala Blogger”

lah aku punya nya komik mas.. >,<

miwwa said...
on 

Bro.. sukses y programnya. Follow my blog yah.. I already follow your blog too. I wait 4 u. Thanks..

Dwi Puspita Anggraeni said...
on 

hi..

thanks for dropping by..

scribbler said...
on 

mantab boz...
gagasan yang excellent dan semoga dapat berhasil.

Anggi Zahriyan said...
on 

saya dukung sekali gagasan ini, semoga Allah memudahkan segala perkara dan melancarkan segala urusan. maaf, belum bisa berpartisipasi secara nyata

Anonymous said...
on 

Cara menghibahkan "buku" gimana BRo..???

PRof said...
on 

Salut! kebetulan, aku ada keinginan yang sama. hanya masih kupendam. Karena domisiliku yang sekarang berada diluar negara. Insya Allah, aku menyumbang beberapa buku.

Setahuku, ada persatuan literary kalau gak salah. mereka, bergerak dibidang perbukuan juga. Mereka juga sudah membuat kesepakatan, bahwa setiap penerbit, minimal harus menumbang lima buku. Bentar2, tak cari dulu kesahihannya. Duh, gak ketemu :(.

Pokoknya, saya dukung! semoga ALlah mudahkan jalannya. Dan usahanya, menjadi amal jariyah, Insya Allah...

anazkia said...
on 

nan limo, sayah ikutan mendukung :)

Ratusya said...
on 

luar biasa, sob ... semoga berhasil!!

triksitus said...
on 

mantap mo

attayaya said...
on 

kunjungan sore sekalian mencari ilmu yang bermanfaat, ditunggu comment baliknya ya :D

online said...
on 

Kalo mau di Jakarta, kosan ambo sanak..hehe

Irwan Siska said...
on 

Sungguh kegiatan yg mulia untuk mencerdaskan kehidupan bangssa ini dari keterpurukan

Tengku Khairil Ahsyar said...
on 

Semoga tambah sukses dengan hibahnya sobat!!!!

blog buat bloggers said...
on 

wah, gagasan brilian tuh bung. aku mendukung sepenuhnya.

EoB said...
on 

Hello!Nice blog..keep it up!

Rhedz said...
on 

blog yang sangat kreatif...

Unknown said...
on 

thanks mas udah mau follow...!!! Btw blognya bagus banet nie,.,,. hehheh

apriliawaludin said...
on 

Siap2 ngongkang Paypal.....!!!!

PRof said...
on 

bagaimana klo qta mulai dari lingkungan sekitar kita dulu?....walaupun saya tinggal di bandung, yg notabene perkembangannnya cukup psat, tapi di daerah2 pinggiran masih banyak yg minim edukasi, minim fasilitas bahan bacaan...

dan jangan lupa buku2 yang dihibahkan, sebelumnya harus melewati proses sortir dulu, apakah layak baca atau tidak...

ranie said...
on 

good idea

iik said...
on 

kreatiff na.. makasih udah mampir ke tempatku.. blog na bagusss.. salam kenal yah, mas.. sampe ketemu di lain kesempatan.. :)

yusako said...
on 

Ide bagus, dalam usaha mencerdaskan bangsa lewat kebiasaan membaca buku. sangat mendukung..

bayunature said...
on 

Dah ku ripiu BRo.....

PRof said...
on 

keren kang idenya,,
semoga tercapai,,,

All Finance Here said...
on 

wah bagus banget!!!
maju terus indonesia!!!

Irwin
http://uniquemarket.blogspot.com

Irwin said...
on 

Abang ikut mendukung dan bergabung Mo ...
Abang di Jakarta, ngirimnya ke alamat mana nih?

abang said...
on 

Oh itu ada alamatnya diatas ... oke dech Insya Allah segera ...
Buku 2nd juga bisa ya?

abang said...
on 

ide yang kreatif....!!!lanjutkan mas...!!!!

oeoes said...
on 

maaf baru bisa mampir, di kantor web mu ini kena banned euyyy.. :(
wah.. sangat membangun, saya ikut pasang banner nya juga.... insya Allah bisa bantu sesama! salam sukses, yusako.

yusako said...
on 

sep gan..lanjutkan..

tutorial digital said...
on 

setuju...
langsung meluncur mencar buku - buku bekas berkualitas....

Thariq said...
on 

Siiiip.
Ikut mendukung.
Segera dikirim...

Ison Idris said...
on 

salam blogger bertuah..

good idea bang..

pgn bgd partisipasi neh..

sbg bntuk prtispasi awal udah aQ pasang banner yg dbwt tman kita yg sgd kreatif tsb..

dtggu info kgiatan'y..
see u

yopyrinaldi said...
on 

Ikutan partisipasi Juga ne Mo ;;)

http://putra-piliang.blogspot.com/2009/12/cara-mudah-pasang-banner-gerakan-hibah.html

Cara Mudah Pasang Banner Gerakan Hibah Sejuta Buku said...
on 

Wow.. Ini baru heboh-kreatif. I like this.. :)

Golfing Enthusiast said...
on 

Sekedar Usul;

Apakah ada rencana memulai gerakan ini dengan suatu "project". Misalnya tahap pertama mulai dengan project membangun perpustakaan desa di desa X di Kabupaten Kep. Meranti. Dibuat profil tentang desa itu, apa yang perlu dikembangkan di desa itu, bagaimana buku bisa membantu mereka berkembang. Dengan demikian donatur bisa fokus, buku apa yang menjadi prioritas dan karena fokus, perkembangannya dapat dengan mudah diukur. Ini penting untuk membangun trust!

Trims

Ison Idris said...
on 

wah bagus banget idenya , aku dukung sob !

Fahrani Nisrina said...
on 

wah.. setuju.. aaku mendukungmu..

Nur Rachmat said...
on 

wah...aku mauikutan juga dunkz...boleh ya...mang buku apa aja yang boleh di sumbangin?????
kslo..vovel-novel gitu boleh nggak?

nggak banyak sih...cuma ada beberapa....boleh ya????

trus kapan ngumpulin bukunya en dimana ngumpulin bukunya???

H said...
on 

Mungkin yg and butuhkan ada di sini

anjuk said...
on 

Ide yang cemerlang!!

Fahrie Sadah said...
on 

gerakan mantab dan menarik.
bisa menambah wawasan + pengetahuan.

http://hunter-macam-macam.blogspot.com/

budhi said...
on 

dengan rajin membaca kita bisa memajukan bangsa. dukung acara hibah buku ini,,, chayoooo!

akbar said...
on 

ini yg aku suka,
maju terus riau :D

xooms said...
on 

I like your website. Thank you for great information. I will come back to your website again.

best regards

pc game said...
on 

Launching BLOG baru: Lomba Resensi Buku Tgl 12-31 Jan 2012 ada hadiah menarik untuk pemenang.
http://resensibukubagus.blogspot.com/

dzikri said...
on 
«Oldest ‹Older   201 – 247 of 247   Newer› Newest»

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs