-

October 02, 2009

Baju Batik Dipakai Dimana-Mana

hari+batik+nasionalHari ini (2 Oktober) adalah hari Batik Nasional. Sekaligus menyambut pengukuhan batik warisan budaya Indonesia di UNESCO yang dilakukan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Alangkah senang rasa hati, sebuah maha karya para pendahulu kita telah diakui dunia. Untuk persoalan batik antara Indonesia dengan Malaysia usailah sudah. Sebagian besar masyarakat Pekanbaru Riau hari ini memakai baju batik untuk menghargai itu dan sebagai rasa syukur sebagaimana yang pernah diserukan oleh Susilo Bambang Yudoyono (SBY). Semoga tidak hanya batik saja yang bisa berlaku seperti ini.

Tak cuma itu, Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia (PPIM) tidak ketinggalan mengimbau para pelajar Indonesia yang ada di Malaysia untuk menggunakan batik.

“Bersama ini kami ingin menyampaikan berita dan himbauan bahwa Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia sedang menggiatkan program yang kami namakan ‘BERDUA BERBATIK’ yang merupakan kepanjangan dari “bersama di dua Oktober berbatik”,” ujar Ketua Umum PPIM Abdullah Abbas.

Para penjual baju batik pun mendapatkan rejeki dari keputusan UNESCO ini. Karena antusiasme masyarakat untuk memakai batik makin meningkat, batik yang mereka jual pun laris manis bak kacang goreng saja. Hal ini setidaknya terjadi di salah satu toko penjual batik di Pasar Atom Tahap I lantai I, Surabaya.

Soal batik yang akan menjadi hak milik resmi Indoensia ini, negeri Jiran yang juga mengklaim batik, Malaysia sebenarnya tidak tinggal diam. Mendengar UNESCO akan mengukuhkan batik sebagai warisan budaya Indonesia, Wakil PM Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin menyatakan pihaknya akan mempelajari keputusan UNESCO tersebut. Namun hingga detik ini belum diketahui apakah niat Malaysia tersebut berhasil.

Proses pengukuhan batik Indonesia cukup panjang. Berawal pada 3 September 2008 yang kemudian diterima secara resmi oleh UNESCO pada tanggal 9 Januari 2009. Tahap selanjutnya adalah pengujian tertutup oleh UNESCO di Paris pada tanggal 11 hingga 14 Mei 2009.

Mari Berbatik Riau... Eh.. Berbatik Ria...

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

15 komentar to “Baju Batik Dipakai Dimana-Mana”

semoga batik menjadi salah satu ciri Indonesia di mata dunia

Ocim said...
on 

bATIK MEMANG MANTBZ TAPI ANAK MUDA JARANG MEMAKAINYA KARNA TERKESAN JADUL KATANYA AKAN TETAPI TIDAK BISA DI PUNGKIRI KALO BATIK MEMANG MENARIK.....

Robby said...
on 

cintailah produk dalam negri
hehe

aRi isTiadi said...
on 

hahahah nice info sob...
ayo dukung kebudayaan Indonesia!!!

Dheny said...
on 

You are so cool for posting this article, yeah, mari kita support batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia...

kami juga posting dengan tema yang sama...

MIGOMAGI said...
on 

maju terus kebudayaan INDONESIA>> !

riz said...
on 

"Setelah Batik diakui sebagai Budaya Tak benda Warisan Manusia (Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh UNESCO, menjadi kewajiban bagi kita untuk lebih mengapresiasi batik Indonesia sebagai bagian dari aktivitas keseharian kita,"

Seti@wan Dirgant@Ra said...
on 

Ok ,, lestarikan terus batik kita ,,,
Merdeka !!!!

putra said...
on 

Tadi saya gak pake batik mas, xixiixx...
Gak punya baju batik soal'x :D

Zippy said...
on 

Postingan tentang batik ada di banyak blog rupanya. Hidup batik Indonesia... semoga makin dikenal oleh dunia.

reni said...
on 

wah, aku mau nitip beli batik Riau. boleh gak?

Sang Cerpenis bercerita said...
on 

batik emang indonesia banget

anak nelayan said...
on 

dukung terus produk asli indonesia!

Muhammad Faisal said...
on 

mudah mudahan tradisi ini dilaksanakan setiap waktu tidak hanya disisni saja......
cintailah budaya indonesiaa

rukzzolangan said...
on 

KOLEKSI BATIK LIHAT DI
http://pasarjogja.com

pasarjogja said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs