-

May 26, 2009

Arti Nama Sagang

arti+sagangKali ini saya akan mengutip cerita Rida K Liamsi tentang asal nama Sagang pada Yayasan Sagang, Majalah Sagang, dan Anugerah Sagang yang bersumber dari kata pengantarnya di majalah khusus Anugerah Sagang 1996-2008. Berikut pertikannya:

“Memang banyak yang bertanya-tanya, apa makna kata Sagang dan dari mana asal usul kata yang kami abadikan pada semu aktivitas dan komitmen budaya kami itu, mulai dari halaman budaya di Riau Pos, nama majalah, nama yayasan, sampai ke nama anugerah budaya yang kami berikan.

Nama itu memang usul saya, saya mengambilnya dari khasanah bahasa melayu yang sudah saya kenal sejak masih kecil. Mungkin agak sulit ditemukan dalam kamus Bahasa Indonesia. Mungkin agak langka dlam percakapan sehari-hari. Tetapi kata Sagang dikenal dalam tradisi dan kehidupan masyarakat Melayu Riau di kawasan pesisir, dikenal para nelayan yang bermukim di Singkep dan sekitarnya dan di pesisir semenanjung Malaysia.

Sagang adalah nama sepotong kayu kecil, dengan diameter sekitar 2-3 cm saja, yang digunakan untuk menjadi penyangga bumbungan rumah dikawasan pantai. Kayu kecil itu dipasang melintang diagonal pada bentangan atap rumah. Gunanya untuk menjaga keseimbangan bila terjadi terpaan angin rebut. Masyarakat nelayan biasa menyebutnya Sagang Barat, karena kayu kecil itu sangat bejasa dalam meredam goncangan angin barat turun bagai rebut dikawasan pantai.

Diperahu-perahu nelayan pun, kayu kecil ini, dipakai penyangga atau “penyokong” yang dipasang diagonal pada bentangan layar, untuk menjaga bentangan layar agar senantiasa terbuka dalam menerima tiupan angina, agar perahu melaju dan tetap tenang.

Filosofinya adalah, sagang merupakan symbol dari semangat untuk menjadi penyangga, mendorong dan menggerakkan semangat kreativitas budaya Melayu. Sagang adalah symbol dari semangat yang tak kenal menyerah, semangat yang tidak gentar betapapun hebat tantangan yang dihadapi.

Untuk mengukuhkan semangat dan obsesi demikian itulah, nama Sagang itu kmi kekalkan dan kami beri makna, agar dia punya roh, punya kekuatan untuk terus membangkitkan semangat, motivasidan kesadaran orang Riau, para pendukung Budaya Melayu, untuk masa kedepan menantang cabaran hidup di segla zaman.”

Wah… ternyata teman-teman netter, makna Sagang itu sangat dalam ya.. Tidak salah dong kalau Rida K Liamsi memilih nama Sagang. Secara.. Rida K Liamsi gitu lho.. hehehe… ok deh sobat, sampai ketemu di ulasan berikutnya tentang para Penerima Anugerah Sagang dari tahun ke tahun. Siip.. jangan lupa tonggrongin terus weblog Wisata dan Budaya Riau ini. Salam.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

12 komentar to “Arti Nama Sagang”

begitu ya...

baru tahu saya...

thanks infonya

negeri hijau said...
on 

Btw mas,referensinya lengkap banget loh.Beneran,jadi serasa belajar sejarah budaya deh.Tapi lebih asyik..

ajeng said...
on 

pagii....

met kenal ya,trima kasih sdh mampir k blogku.
have a nice day my friend...

irmasenjaque said...
on 

mampirrrrrrrrrrrrr

ReGiE said...
on 

iya...bnr kata ajeng...kita jd belejar ttg budaya niih...asikllah

Linda Belle said...
on 

Oooooh baru tau Sagang artinya... tkhanks bung idu

Ronaldo Rozalino said...
on 

filosofi dan penerapan yang bagus sekali
salut neh bang emo
makasih linknya ya bang

ucu atan said...
on 

wuahahah.. mantab.. ternata ada penjelasa makna sagang sebenarnya..

dari dulu gw taunya sangang itu ikan lomek doang...

wkwkwk......

Bang Ais said...
on 

Tau ajah BRo..Ijopunkjutee penasaran ma nama SAGANG..., ternyata begitu toh...?

IjoPunkJUtee said...
on 

oh baru tau saya

ajie said...
on 

kan diblogku ad google
translate tukang
nerjemahin klik ke bhs
indo y :)

Raini Munti said...
on 

baru taw neh....

Ophand said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs