-

March 19, 2009

Pasukan Gerilya Elang Pulai Pangean

Rengat-Tanggal 5 Januari 1949 sekitar jam sepuluh pagi, Pasukan Payung Belanda mendarat di Rengat. Belanda mendapat perlawanan dari rakyat seadanya, sehingga Belanda tidak mendapat perlawanan yang berarti dan berhasil menduduki Rengat. Lalu Belanda menyusun strategi untuk menguasai kawasan disekitaran Rengat, salah satunya Pangean.

Maka pada tanggal 25 Januari 1949, bertempat di Balai Adat Koto Tinggi Pangean yang diprakarsai oleh Ja’far Thaher selaku wali militer bersama Pemuka Adat, Cerdik-Pandai, Alim Ulama, Pemuda, Dukun, dan Guru-guru Silat Pangean. Maka dari hasil musyawarah mupakat itu terbentuklah kesatuan Gerilya Pangean dengan nama Elang Pulai.

Menurut sejarah, Elang Pulai adalah seekor burung elang yang keramat, bersarang di puncak sebatang kayu bernama Pulai yang tumbuh di Ujung Taye (tempat yang dikeramatkan masyarakat pangean, sebab ditempat itu terpendamnya para guru-guru silat pangean). Setiap pasukan Elang Pulai yang akan diberangkatkan ke medan perang, maka berziarah terlebih dahulu ke Ujung Taye.

Tanggal 1 maret 1949 pertama kalinya pasukan Elang Pulai turun ke medan tempur, berangkat menuju Kelayang dipimpin oleh Onur Bungkuk dengan sembilan orang anggota.

Tanggal 5 Maret 1949, pasar Cerenti diduduki Belanda dan Pulau Panjang Inuman menjadi front pertahanan kita. Pertengahan bulan maret 1949 semua pasukan dari nagori serantau kuantan; Pasukan Gajah Putih dari Simandolak, Harimau Rimba dari Toar, Halilintar dari Gunung, Tabah Hati dari Lubuk Jambi, Harimau belukar dari Lubuk Ambacang, berangkat menuju front pertahanan tersebut.

Tanggal 19 Maret 1949 Pasukan Elang Pulai dipimpin oleh Harun Haban dan Intan Judin dengan 30 angota ditambah 40 orang penduduk. Diberangkatkan dari Surau Godang Teluk Pauh Pangean. Dilepas oleh pemuka-pemuka masyarakat termasuk urang padek-padek.

[to be continiue]

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

17 komentar to “Pasukan Gerilya Elang Pulai Pangean”

pertamaXXX...............

marla sweet said...
on 

dizaman sekarang ini masih ada gk ya burung elang pulai ini..

Kristina Dian Safitry said...
on 

ada tu mbak di bengkalis.........
hihihi,,, PIS

marla sweet said...
on 

lumayanlah, ranking ampekkk. Hmmm, nyontek dimana neh. Pasti dulu waktu sekolah pelajaran kesukaannya sejarah...huakakakakak
Posting menarik kawan. Banyak sejarah perjuangan bangsa yang terendap memang.Dan tugas blogger untuk mengungkapnya...

Sandi said...
on 

wah bagus ,darimana tuh sumbernya..kalau perlu dimasukin ke dalam kurikulum pelajaran sejarah lokal untuk sekolah2 di kuansing

eri-communicator said...
on 

@Kristina; masih ada sih.. tapi dah jadi barang langka..getoo,,,,
@Eri-C; sumbernya dari tetua Pangean dan beberapa buku sbagai referensi..
tunggu kisah selanjutnya... siip..

sungaikuantan.com said...
on 

wou.. dah lama ni.. ga baca2.. sejarah lokal....
keren dah..
ayo smngat.. kmbangkanlagi..

dhiyah said...
on 

Wahhhhh asyik banget nih...keren beritanya... yang kayak gini baru namanya pemuda...senang aku.

The Dexter said...
on 

burung elang tu keren gilaaaa!

bisnisway said...
on 

Wadu.. lg seru2 baca.. ternyata bersambung ya ceritanya Bro.. Ayo dong dilanjutin lagi...!!!
Ceritanya bagus..

PendekarKodokBLOG said...
on 

Oh ya... usul nih Bro.. gimana klo artikel ato ceritanya.. disebutin sumbernya.. dari pelaku sejarahnya, cerita turun-temurun, ato dari artikel lain..?
Hanya sekedar saran lo...

PendekarKodokBLOG said...
on 

ditunggu sambungannya, jadi penasaran nih hehe.... :)

Blog Sejarah said...
on 

Ingat mendiang...
Makasih postingannya Mo... Jangan lama-lama ya sambungannya

taufikasmara said...
on 

Blog tempat belajar sejarah.. hehehe

makasih telah berkunjung di blog q juga

buruh internet said...
on 

mat siang pendatang baru dari yogya nich

prihanjoyo said...
on 

dpt tambahan ilmu sejarah nih.

Sang Cerpenis bercerita said...
on 

tulis donk refernsi nya ato sumbernya biar kita biusa baca bukunya klu smbrnya dr buku, ato orangnya siapa kita bisa nanya jg...
tp artikel bgus. lanjutkan...

Don said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs