-

January 18, 2011

Seroja (Nelumbo nucifera Gaertn)



BUNGA SEROJA

Mari menyusun seroja bunga seroja
Riasan sanggul remaja putri remaja
Rupa yang elok dimanja jangan dimanja
Pujalah ia oh saja sekedar saja

Mengapa kau bermenung oh adik berhati bingung 2x
Janganlah engkau percaya dengan asmara 2x
Sekarang bukan bermenung jangan bermenung 2x
Mari bersama oh adik memetik bunga 2x

***

Bunga seroja sangat akrab di telinga banyak orang, karena lagu Melayu berjudul Bunga Seroja sangat populer dan sering didendangkan. Tapi mungkin tak banyak orang sekarang yang tahu wujud bunga seroja.

Seroja (Nelumbo nucifera) dikenal juga sebagai Indian Lotus dan Chinese Lotus, merupakan tumbuhan air yang tumbuh di tanah berlumpur dan tergenang air seperti rawa dan kolam. Seroja banyak tumbuh di pesisir timur pulau Sumatera yang berawa. Tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun dengan bunga yang indah. Tak heran bila bunga ini menginspirasi pengarang lagu "Bunga Seroja".

Seroja mirip dengan teratai karena memang merupakan keluarga Nymphaeaceae. Serupa tapi tak sama. Perbedaan teratai dan seroja antara lain: daun teratai mengambang di permukaan air, sedangkan daun seroja menjulur ke atas; bunga teratai memiliki pusat bunga yang kecil, sedangkan bunga seroja memiliki pusat bunga yang besar; bunga teratai memiliki warna yang beragam, sedangkan bunga seroja hanya memiliki warna bunga putih atau merah muda.

Uniknya, di Inderagiri Hulu buah Seroja dikonsumsi oleh masyarakat. Sewaktu saya kecil di Air Molek tahun 1980an, buah seroja mudah didapatkan karena banyak dijual di pasar. Biasanya buah ini dijual dalam satuan "ikat", yaitu beberapa tangkai buah diikat menjadi satu.

Buah Seroja


Seroja juga dapat menjadi salah satu koleksi Kebun Raya Bogor yang berlokasi di Vak XXV A.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

1

hai :)
how are you guys out there?
maaf baru sempat BW..

Ra-kun yang sendiRIAN said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs