-

December 10, 2010

Malay's Traditional Architecture: Historical Mosques in Riau

Masjid Kenegerian di Kuantan
Masjid Kenegerian di Kuantan (Gambar Museum Virtual Kuantan Singingi)


Masjid merupakan bangunan yang harus ada pada setiap nagori di Kuantan, biasanya terletak di Koto yang merupakan pusat suatu nagori. Masjid peninggalan awal abad XX di Kuantan umumnya memiliki seni bangunan yang relatif seragam yaitu atap berbentuk tumpang dan puncaknya diberi kubah. Kubah yang lebih kecil diletakkan di atas bangunan mihrab. Masjid ini tidak dilengkapi menara, tetapi dilengkapi dengan tabuah (beduk).


Masjid Raya Rengat
Masjid Raya Rengat(Gambar www.skyscrapercity.com Kris18)


Masjid Raya Rengat Tempo Doeloe
Masjid Raya Rengat Tempo Doeloe(Gambar Direktori masjid Bersejarah DEPAG RI 2008)


Masjid Raya Rengat. Masjid Kerajaan Inderagiri, Pembangunan masjid ini diawali dengan dibangunnya Surau oleh Sultan Ibrahim pada tahun 1786 M di Kampung Besar Rengat. Surau diperluas pada tahun 1787 M oleh Sultan Kecik Besar Mambang menjadi bangunan masjid. Masa pemerintahan Sultan Indragiri XXIV pada tahun 1887 melakukan renovasi yang ke-3 dengan mengganti seluruh papan kayu dengan batu. Masa pemerintahan Bupati Masnoer melakukan pemugaran tahun 1970 M.(Sumber: Direktori masjid Bersejarah DEPAG RI 2008)

Masjid Raja Peranap (Gambar Tommy Basyarahil)


Masjid Jami' Air Tiris
Masjid Jami' Air Tiris (Gambar pekanbarubox.com)


Masjid Jami' Kenegerian Air Tiris. Masjid ini didirikan atas prakarsa Engku Mudo Sangkal, dikoordinir oleh Ninik Mamak Nan Dua Belas (Penghulu suku yang berada di kenegerian Air Tiris). Masjid ini berlokasi di Pasar Usang Air Titis, Kecamatan kampar, Kabupaten Kampar. Masjid dibangun dalam waktu 3 tahun dari tanggal 1901-1904 M. Bangunan masjid berbentuk persegi lima seperti limas dengan puncak induk berlenggek-lenggek meruncing keatas. Atap masjid terbuat dari kepingan papan berukuran 1 meter. Kayu yang digunakan ialah jenis kayu tetangu dan seluruh paku menggunakan pasak kayu.(Sumber: Direktori masjid Bersejarah DEPAG RI 2008)

Masjid Raya Syahabuddin Siak
Masjid Raya Syahabuddin Siak (Gambar www.skyscrapercity.com)


Masjid Raya Syahabuddin Siak
Masjid Raya Syahabuddin Siak/ Tampak Belakang (Gambar na-2x.blogspot.com)


Masjid Raya Syahabuddin Siak Tempo Doeloe
Masjid Raya Syahabuddin Siak Tempo Doeloe (Gambar Direktori masjid Bersejarah DEPAG RI 2008)


Masjid ini awalnya berlokasi di jalan Sultan Syarif Qasim sekarang dengan bangunan fisik terbuat dari kayu dan terdapat mimbar yang berukir dari Jepara. Tahun 1935 masjid dipindah oleh Sultan Syarif Qasim II (Sultan Siak XII) ke Jalan Sultan Ismail di tepi Sungai Siak. Masjid ini telah mengalami renovasi tahun 1963 dan tahun 2003.
(Sumber: Direktori masjid Bersejarah DEPAG RI 2008)

Masjid Raya Pekanbaru
Masjid Raya Pekanbaru. Masjid Kerajaan Siak/ Sebelum Dipugar/ Saat ini dalam proses renovasi (Gambar photo.pekanbaruriau.com)

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

2 komentar to “Malay's Traditional Architecture: Historical Mosques in Riau”

Subhaanallah... lengkap dengan foto-fotonya.

Salam ukhuwah

BeDa said...
on 

salam sahabat
apa kabar Abangku sayang????udah lama gak mampir yach chating juga udah lama gak chat.semoga tetep baik baik aja.
masjid bersejarah di Riau ini saya simpan boleh kan gambar gambarnya?terima kasih

Dhana/戴安娜 said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs