-

December 20, 2010

Kedai Kopi di Kuantan

Kedai kopi tak bisa dipisahkan dari kehidupan orang Melayu Kuantan, terutama kaum lelaki. Bagi pelancong, bergabung di kedai kopi merupakan salah satu cara untuk mengenali kehidupan penduduk lokal. Orang Kuantan suka berbincang–bincang dengan suara keras, kadang membual. Maka bila anda duduk di kedai kopi, anda akan mendapat informasi tentang banyak hal. Tentu saja dalam bahasa daerah setempat.Secara umum ada dua jenis kedai kopi di Kuantan, yaitu kedai helam dan kedai kopi kampung.


Sajian Kopi Kedai Helam
Sajian Kopi Kedai Helam (ilustrasi flickr.com)

Helam merupakan logat Melayu untuk Hai Lam, yaitu Hainan dalam bahasa Hokkien . Sejarah mencatat bahwa perantau Hai Lam (Hainan) banyak melakukan migrasi ke Asia Tenggara pada peralihan abad ke-19 atau awal abad ke-20. Mereka dikenal banyak berusaha dibidang kuliner. Jadi Kedai Helam adalah kedai kopi (coffee shop) yang dijalankan oleh orang Helam (Hai Lam).


Sajian Kedai Kopi Kampung
Sajian Kedai Kopi Kampung (ilustrasi flickr.com)

Sejak lama di negeri Teluk Kuantan, Kari, Jake, Sentajo dan Kopah, para lelaki yang sebagian besar adalah pekebun karet menjadikan hari Rabu (yang merupakan hari pasar setempat = ari pokan--bahasa setempat) sebagai hari libur dan bersantai. Sejenak menikmati jerih payah selama sepekan sambil bersosialisasi di Kedai Helam setelah sehari sebelumnya - hari Selasa - mereka menjual karet ke pedagang pengumpul. Mereka menyebut hari Selasa sebagai hari menimbang, yaitu menimbang karet dan mendapatkan bayaran sesuai dengan berapa kilogram karet yang mereka jual.

Sementara itu pada hari biasa (lang ari), kedai kopi kampung lebih menjadi pilihan para petani. Mereka yang bekerja menyadap karet di kebun harus berangkat sangat pagi. Bagi sebagian besar orang kampung, sulit untuk sarapan terlalu pagi. Maka setelah selesai menyadap karet, biasanya mereka singgah di kedai kopi kampung untuk menikmati kopi dan kudapan tradisional seperti goreng pisang, ketan, lopek, godok.

Dimanapun orang Kuantan minum kopi, di rumah, di kedai helam atau kedai kopi kampong, mereka lebih suka menyeruput kopi dari tatakan (lepek/ saucer), setelah ditiup sebentar untuk mendinginkan(baca: Drinking Coffee from Saucer).


Sajian Kopi Rumah
Sajian Kopi Rumah (ilustrasi flickr.com)

Kedai kopi, memang lebih dari sekedar minum kopi. Lelaki Kuantan lebih suka duduk di kedai kopi, walaupun di rumah telah disediakan kopi panas oleh isteri.


Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

11 komentar to “Kedai Kopi di Kuantan”

mantap.. kopi kuantan jadi pengen coba..

pandi said...
on 

Saya pecinta kopi. Melihat cangkir2 itu jadi kepingin ngopi..:-)

Lamo tak jumpo sama blog sungaikuantan. Apakabarmu kawan..?
Mohon visit back

ScriptMarketer's Blog said...
on 

woooow... di Pekanbaru .. hmmm kedai kopi Helam itu kya kedai kopi Kimteng ya bang... :D

NanLimo said...
on 

kopi yang terlihat nikmat :)

TS Frima said...
on 

I am a coffee lover..I took coffee 7 times a day...I also wants to taste the coffee of Kuantan....Let's see when its time will arrive..

villa espagne said...
on 

Kedai Kopi Coneng ...

Elong Bujang said...
on 

jadi pengen nyoba kopi asli sana :)

Visionerial said...
on 

Kuentel banget tuh keliatannya

Kapan2 maen ksna ah...

ismail said...
on 

pagi kopi , siang kopi malam kopi hidup kopi apalagi ditemani si merah dan ada kawan amboi mantap nian

berpikir positif said...
on 

uh jadi laper,pengen yg seger2.
hehehe
nice post gan mantab.

LAMPUNG GOTHIC COMMUNITY said...
on 

seperti kami di sini..kebiasaan masyarakat Kuantan persis dengan di Aceh..bahkan tak hanya pria..para wanitapun sepertinya sudah menjadi tren untuk ikut menyemarakkan warung kopi..di sini warung kopi sudah lebih dari sekedar kebiasaan..tapi merupakan gaya hidup..kalo kawan sempat ke sini..tak akan lengkap bila belum menjajakan warungnya..jangan lupa klo singgah kontak2 kita lah..sesama blogger basodara...

ferza said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs