-

December 27, 2010

Bofet: Varian Kedai Kopi di Riau

Bofet Kubang

Di Riau dan sekitarnya bofet adalah istilah warung yang menyediakan menu sarapan khas setempat dan menu makan siang/malam yang bukan nasi. Bofet adalah bentuk kata tidak baku dari bufet. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bufet berarti lemari tempat menyimpan makanan atau barang-barang pajangan (hiasan); dapat juga berarti tempat berjual minuman, makanan, dsb di stasiun.

Bofet mungkin dapat dikelirukan dengan buffet atau prasmanan. Penyajian makanan di bofet tidak secara buffet, tapi diambilkan pelayan seperti di rumah makan Padang. Pelayanannya sangat cepat karena biasanya pegawainya cukup banyak dan laki-laki semua. Makanan disimpan dan dipajang di lemari di bagian depan warung yang berfungsi sebagai etalase sekaligus tempat menyiapkan hidangan.

Yang khas dari bofet untuk sarapan adalah lontong, bubur kacang hijau, bubur kampiun, bubur pulut hitam, ketan pisang dan sebagainya. Bahkan kita bisa meminta pelayan untuk mencampur apa saja yang kita inginkan. Misalnya bubur kacang hijau dicampur pulut hitam.

Selain menu sarapan, bofet biasanya juga menyajikan berbagai macam menu pilihan bukan nasi untuk makan siang, malam atau sekedar kudapan. Misalnya soto, gado-gado, sate dan martabak mesir.

Untuk minuman, hampir sama dengan warung lain yaitu teh, kopi dan jeruk dalam kondisi panas maupun dingin. Yang khas adalah teh telor, yaitu telur yang dikocok hingga berbuih kemudian dicampur dengan teh panas dan gula, kadang ditambahkan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan amis. Fungsi gula sebagai pemanis kadang digantikan oleh susu kental manis. Walau sudah menggunakan susu kental manis, kadang masih ditambahkan gula pasir.

Pemilik bofet umumnya kaum pedagang dari suku Minang, sebenarnya hampir sama dengan kedai kopi. Bila menu utama kedai kopi umumnya adalah kopi dan makanan berfungsi untuk menemani minum kopi sambil mengobrol, menu utama bofet justru makanan.


Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

3 komentar to “Bofet: Varian Kedai Kopi di Riau”

Liputannya keren banget....

Ay said...
on 

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

Belly Surya Candra Orsa said...
on 

aku mau doooong ditraktir roti cane

attayaya_madu said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs