-

August 21, 2010

Dongkrak Pariwisata, Digelar 149 Iven di Riau

Dongkrak Pariwisata, Digelar 149 Iven di Riau

Selama tahun 2010 tercatat 149 berbagai iven akan digelar di Riau. Kegiatan-kegiatan tersebut dipastikan akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah ini. Meskipun belum memiliki cukup banyak tujuan wisata unggulan, namun jumlah kujungan wisatawan ke Riau cukup tinggi. Hal itu, salah satu sebabnya adalah karena Riau kerap menjadi tuan rumah sejumlah iven berskala nasional maupun internasional. Iven tersebut otomatis mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Riau. Kepala Riau Tourism Board (RTB) Riau Fadlah Sulaiman meyakini jumlah wisatahan ke Riau tahun ini akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya jumlah iven yang akan digelar di Riau juga meningkat. sedikitnya tahun ini akan dilaksanakan 149 event di Riau. Yaitu event-event yang selama ini jauh dari ekspos media.

Untuk Kota Pekanbaru ada 35 iven, yakni Turnamen Basket se-Sumatra di lapangan PCR Pekanbaru, Rakor KADIN se-Sumatera di Pekanbaru, Indonesia, Malaysia & Thailand Growth Triangle (IMT-GT) JBC Meeting di Pekanbaru, Perayaan Hari Raya Imlek 2561, Rakernas Asperapi -Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia- tahun 2010, Pameran Seni Kriya di taman budaya Pekanbaru, Panggung Seni Rakyat di taman budaya Pekanbaru, Apresias Film di taman budaya Pekanbaru.

Perayaan Cap Go Meh, Indonesia Honda Development Basketball League (DBL) 2010 , Workshop dan Apresiasi Film di taman budaya Pekanbaru, Apresiasi Seni Pertunjukkan di taman budaya Pekanbaru, Temu Budaya Nasional (TBN) 2010 di taman budaya Pekanbaru, Turnamen Golf Gubernur Riau XXI di lapangan Golf Labersa, Parade Tari Kota Pekanbaru 2010.

Kongres Pemuda Riau di Pekabaru, Festival Danau Buatan 2010 di Pekanbaru, Lomba Budaya Aqiqah di Pekanbaru, Lomba Lari 10 K di Pekanbaru, Pekanbaru Expo 2010, Lomba Burung Berkicau Piala Wali Kota Pekanbaru, HUT kota Pekanbaru ke-226 di Pekanbaru, Rally Wisata di Pekanbaru, HUT POLRI ke-64, Riau Bhayangkara Off Road 2010 di Pekanbaru.

Riau Hitam Putih World Music Festival 2010 di Pekanbaru, HUT Provinsi Riau ke-53, Riau Expo 2010, Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia, Petang Megang di Pekanbaru, HUT Pramuka, Festival Lampu Colok, Riau International Energy Expo 2010 di Pekanbaru, HUT TNI ke-65, Lomba Bujang Dara Kota Pekanbaru.

Untuk kota Dumai ada 9 event. Yaitu, Perayaan Hari Raya Imlek 2561, Perayaan Cap Go Meh, HUT Kota Dumai, Lomba Memancing di Dumai, Festival Lampu Colok, Parade Tari Melayu 2010 di Dumai, Turnamen Golf Walikota Dumai Cup X tahun 2010, Pemilihan Bujang Dara kota Dumai 2010, Dumai Expo 2010 & Panggung Seni Rakyat di Dumai.

Sedangkan di Bengkalis, ada 15 iven. Yaitu Grebeg Syuro di lapangan Tugu, Bengkalis, Festival Gasing di Desa Pangkalan Batang, Bengkalis, Perayaan Hari Raya Imlek 2561, Ritual Mandi Syafar di Rupat Utara, Rally Wisata Sepeda di lapangan Tugu Bengkalis, Festival Lampu Colok, Lomba Layang-layang di Taman Andam Dewi Bengkalis.

Juga MTQ Kabupaten Bengkalis 2010, Lomba Memancing di Bengkalis, Pelangi Negeri Junjungan di Bengkalis, Lomba Burung Berkicau Sri Junjungan Cup II di Bengkalis, HUT Kota Bengkalis ke-498, Lomba Perahu Layar di Taman Andam Dewi Bengkalis, Festival Budaya Sakai 2009 di Simpang Rangau, Duri, Perayaan Cap Go Meh.

Di Inhil terdapat 16 iven. Yaitu Grebeg Syuro 2010 di Tembilahan, Festival Reog se Riau di Tembilahan, Hari Raya Imlek 2561, Menongkah Kerang di Pekan Arba, Kebudayaan Semah Kampong di Tembilahan, Perayaan Hari Raya , Imlek 2561, Perayaan Cap Go Meh, Festival Budaya Pesisir di Kec. Concong, Inhil, HUT Kabupaten Indragiri Hilir ke-45, Gelar Kesenian Tari & Mamanda di Gedung Engku Kelana Tembilahan.

Festival Teater Klasik di Gedung Engku Kelana Tembilahan, Pemilihan Bujang Dara Sri gemilang 2010, Pesta Rakyat di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan, Menongkah Akbar di Tembilahan, Festival Bumi Sri Gemilang 2010 DI Lapangan Sri Gemilang, Tembilahan, Permainan Gasing di Tembilahan.

Inhu dan Siak masing-masing ada 7 iven. Yaitu HUT Kota Rengat ke-195, Festival Nandung & Surat Kapal di Taman Putri Junjungan Buih, Rengat, Pacu Sampan Mini Tradisional di Sungai Indragiri, Pacu Jalur Mini di Sungai Kuala Pantas, Inhu, Perayaan Cap Go Meh, Pacu Jalur di Danau Baru, Rengat, Perayaan Hari Raya Imlek 2561.

Sedangkan di Siak, terdapat iven Hari Raya Imlek 2561, Perayaan Cap Go Meh, MTQ Kabupaten Siak di Desa Empang Pandan, kecamatan Kotogasib, Siak, Haul Sultan di Siak Sri Indrapura , Festival Siak Bermadah 2010 di Siak Sri Indrapura, HUT Kabupaten Siak ke 11 di Siak Sri Indrapura, Mandi Belimau Kasai di Siak Sri Indrapura

Kampar ada 6 iven yaitu HUT Kabupaten Kampar ke-60, Kampar Motorcross Championship Se-Sumatera di sirkuit bukit Naang, Bangkinang, Balimau Kasai di Bangkinang, Pekan Muharam 1432 Hijriah, Pekan Budaya Kampar 2010 di Bangkinang, Hari Raya Puasa Enam & Ziarah Kubur

Sementara di Pelalawan ada 11 event yaitu Pekan Seni & Budaya Riau Pulp di Pangkalan Kerinci, Gelar Budaya Nusantara Istana Sayap di Pelalawan, Pacu Sampan Layar & Jung Katil Di Desa Teluk, Kuala Kampar, Pelalawan, Pacu Sampan Kampo di Desa Sungai Ara, Pelalawan, Potang Mogang di Bunut, Pelalawan, Festival Ragam Budaya Petalangan di , Pangkalan Kerinci, Pelalawan Expo 2010 di Pujasera Pangakalan Kerinci, HUT Kabupaten Pelalawan ke 11 di Pangkalan Kerinci, Pegelaran Seni Budaya di Istana Sayap, Pelalawan, Ziarah Sultan Pelalawan di Pelalawan, Mandi Balimau di Langgam, Pelalawan.

Rohil melaksanakan 9 iven yaitu Perayaan Hari Raya Imlek 2561, Ritual Dewa Langit di Kelenteng Ing Hok Kiong di Bagansiapiapi, Perayaan Cap Go Meh, Ritual Ceng Beng, Ritual Bakar Tongkang, HUT Kabupaten Rokan Hilir ke 11 di Bagansiapiapi, Mandi Balimau di Rokan Hilir, Ratib Keramat Rambai, Lomba Sampan Kotak di sungai Rokan.

Rohil ada 9 iven sepert Rakit Kreatif Rokan Hulu, Festival Rebana Hulu, Petang Berlimau di Desa Babussalam, Kec. Rambah Rokan Hulu Expo 2010, Festival Permainan Tradisional Rokan Hulu 2010, Rally Wisata Rokan Hulu HUT Kabupaten Rokan Hulu ke 11 di Pasir Pengarayan.

Untuk Kabupaten kuansing, ada 12 event. Yaitu Lomba Burung Berkicau se Sumatera di Desa Pulau Komang Sentajo, Kuansing, MTQ Kabupaten Kuantan Singingi, Turnamen Sepakbola Bupati Cup III tahun 2010 di Lapangan Limuno Teluk Kuantan, Kejuaraan Bhayangkara Motorcros Champinship di Desa Sungai Keranji, Singingi, Pacu Jalur Expo 2010 di Teluk Kuantan, Pacu Jalur Nasional 2010 di Teluk Kuantan.

Olek-olek Banjar/Doa Padang di Desa Tebing Tinggi, Benai , Kuansing, Perahu Baganduang di Lubuk Jambi, Kuantan Singingi, Mamucuak Ikan di Pangakalan Indarung, Singingi, MTQ Provinsi Riau di Teluk Kuantan , HUT Kabupaten Kuantan Singingi di Teluk Kuantan, Mandi Balimau di Muara Lembu, Kuantan Singingi.

Sementara Kabupaten Kepulauan Meranti, meskipun baru terbentuk, tetapi tidak mau kalah dari daerah lain. Kabupaten bungsu Riau itu memiliki 5 iven yaitu Hari Raya Imlek 2561, Turnamen Sepakbola Mekong Cup VII tahun 2010, Perayaan Cap Go Meh , HUT Kabupaten Kepualauan Meranti dan Meranti Berdengang 2010 di Selatpanjang.


Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

16 komentar to “Dongkrak Pariwisata, Digelar 149 Iven di Riau”

Semoga sukses even-evennya.

ivan kavalera said...
on 

Salute Ama Postingannya.. Mantab!

Anak SMP said...
on 

salam kenal sob. link sobat sudah q pasang. di link balik yak sob. thank

ilmu komputer said...
on 

mungkin daerah lain sudah kalah start ama pulau bali kali yach.. tapi semangad dan sukses untuk propinsi riau

Jaloee said...
on 

wowh banyak banget eventnya, semoga berhasil dan sukses.

Insya Alloh saya datang nanti pas PON

kumpulan gadget said...
on 

Sebenarnya negara kita kaya dengan kreasi budaya, dan tempat-tempat yang sangat indah untuk dikunjungi wisatawan. Peran pemerintah sangat di harapkan mempromosikan pariwisata, yang di dukung fasilitas yang mendukung untuk menjadi objek tujuan wisata.
Maju terus...pariwisata Riau

Wisata Bali said...
on 

Mudah la lepas ni sudah tau mana nak pergi bila berada di sana :)

Mantra said...
on 

wah tenyata banyak jg kegiataanya boss

Jaloee said...
on 

Mari galakkan kegiatan yang dapat meningkatkan kunjungan wisata di daerah kita...
Salam kenal dari Sulawesi.

Sulawesi Tourism said...
on 

waiiih.... canggih... terus tingkatkan potensi pariwisata ..semangat !!

Unknown said...
on 

waduh, benarkah ada sebanyak itu even yang akan/sudah dilaksanakan di Riau?? kok ga terdengar bingarnya ya??

miwwa said...
on 

mantap bro....silahkan mampir ke rumahkayu-bongkarpasang.com

aryanto said...
on 

lain waktu mau main ke riau...asyik nih kayaknya

aryanto said...
on 

Hi,your post is quite interesting..I had never been there and looking forward to it..Can you please help me out by telling How can I reach there from USA and any estimate budget?Thanks in advance..

villa denia said...
on 

lama ndak mampir mas apa kabar..waw PR mantabs..:D

mas acrom said...
on 

semakin tahu kekayaan alam dan budaya kita

anak nelayan said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs