-

December 09, 2009

Berharganya Kata TIDAK: “Corruption–Your No Counts”

Tema kampanye anti korupsi tahun ini yang digagas oleh badan PBB untuk narkoba dan kriminal (UNODC ) adalah 'Corruption - Your NO Counts'. Perang terhadap korupsi bertumpu pada kemampuan hati dan lisan kita untuk mengatakan TIDAK. Sehingga kata TIDAK dari kita semua sangat berharga dalam pemberantasan korupsi. Disini lah letak persoalannya, sangat sulit untuk mengatakan TIDAK.

Saya sangat mengapresiasi teman-teman yang hari ini turun ke jalan untuk memperingati Hari Anti Korupsi Internasional 9 Desember 2009. Gerakan dalam bentuk pengerahan massa turun ke jalan menurut saya cukup efektif untuk mengingatkan masyarakat, terutama dengan liputan media massa menyampaikan pesan secara luas kepada masyarakat.

Saya yakin mudah bagi saya untuk berteriak lantang dengan pengeras suara di tengah ribuan demonstran, meneriakkan pesan anti korupsi (dan kadang menghujat seseorang atau pihak tertentu). Tapi saya pribadi yakin tidak mudah untuk mengatakan TIDAK ketika saya dalam posisi sebagai pelayan publik (PNS) berhadapan dengan pilihan untuk mengatakan YA. Saya yakin tidak mudah untuk mengatakan TIDAK ketika sebagai warga negara berurusan dengan pelayanan publik dihadapkan pada pilihan untuk mengatakan YA. Bukankah sebagian koruptor itu juga mereka para Angkatan ‘66, Angkatan ‘74, Angkatan ‘98 yang dulu turun ke jalan?

Ketika saya ditilang polisi lalu-lintas, apakah saya bersedia “berdamai” dan membayar “uang damai” kepada oknum polisi? Atau pilihannya saya harus menghadiri sidang di pengadilan, yang berarti menyita waktu serta harus membayar denda yang jauh lebih besar sesuai dengan Undang-Undang?

Ketika saya harus mengurus KTP, apakah saya bersedia untuk memberi “uang rokok” kepada oknum pegawai kantor kelurahan/ kecamatan agar urusan cepat dan tak bertele-tele? Atau pilihannya saya harus menunggu lama, kadang harus bolak-balik ke kantor kelurahan/ kecamatan (mungkin ongkos untuk bolak-balik itu bisa saya gunakan untuk memberikan “uang rokok”)?

Ketika saya memberikan pelayanan publik, apakah saya mau menerima suap? Dalam kondisi (misalnya) saya telah lama bermimpi ingin memiliki BlackBerry, tapi gaji bulanan tak pernah cukup untuk membelinya? Bahkan uang suap itu saya butuhkan juga untuk membayar “uang damai” atau “uang rokok”? Kadang korupsi itu seperti lingkaran setan, korupsi untuk membayar suap atau pungli. Uang setan untuk memberi makan Jin.

Saya sadar, dunia ini tak akan berubah seketika, atau korupsi akan segera hilang dari nusantara dengan saya mengatakan TIDAK. Tapi saya yakin setiap satu kata TIDAK itu sangat berharga bagi masa depan bangsa saya, bagi masa depan anak cucu saya yang lebih baik. Setidaknya dengan mengatakan TIDAK, saya mengeluarkan diri saya dari lingkaran setan bernama korupsi.

Mari tandai Hari Anti Korupsi Internasional ini dengan merenung, sudahkah kita mau dan mampu untuk mengatakan TIDAK? Mari tanamkan tekad untuk belajar mengatakan TIDAK. Good luck.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

33 komentar to “Berharganya Kata TIDAK: “Corruption–Your No Counts””

Wah semoga Korupsi hilang secepatnya dari Muka Bumi...!!! I hate corruption!!!

akhatam said...
on 

Dukungan sepenuhnya buat menghilangkan kata korupsi,
salam sejahtera Indobnesia!!!

blog buat bloggers said...
on 

saya selalu mendukung dengan tindakan anti korupsi ini

ayoo lanjutkan........

Ocim said...
on 

akhatam, blog & ocim: terimakasih atas komentarnya

kadang "kuman di seberang laut tampak, gajah dipelupuk mata tak tampak"...mari mulai dari diri sendiri: katakan TIDAK!

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

ganyang koruptor, bebaskan negeri ini dari korupsi"

strategi said...
on 

saya sudah lhoh buat postingannya tadi pagi.. hihihi ;))

yoe said...
on 

harapan kita semua koruptor dihukum seberat-beratnya.

nuansa pena said...
on 

salam shaabat
wah bagus artikelnya,ngeri nyengir n apa aja kalo bicara korupsi he...he..thnxs n good luck ya

Dhana/戴安娜 said...
on 

ganyang koruptor sampai ke akar akarnya ....

Mas acrom said...
on 

Strategi, Nuansa Pena, Mas acrom, Dhana: thanks. Mari kita ganyang sampai ke akar2nya (mungkinkah kita yang menjadi akarnya?)

Yoe: aku sudah mampir loh...

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

katakan TIDAK

ekspedisi surabaya - denpasar PP said...
on 

Say no to drugs and corruption.

Tongkonan said...
on 

semoga dengan diperingati hari anti korupsi ini orang korupsi tidak korupsi lag...

alfi said...
on 

jangan korupsi dan jangan kasih peluang orang ber-korupsi :D

sibaho way said...
on 

semoga para pejabat2 di atas selalu berkata tidak untuk masalah korupsi dan semoga korupsi segera hilang dari bumi Indonesia tercinta ini :D

RaRa Wulan said...
on 

Tulisan yang memotivasi sekali dengan pemikiran sehatnya!!!

Ronaldo Rozalino said...
on 

Woi, nan limo...lah banyak urang singgah, jengok lah dulu!

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

muak sama korupsi huaaaahhh

kapan ya bebas dari kata iniiii???


halo emo :))

anindyarahadi said...
on 

@Ekspedisi Surabaya-denpasar pp
@Tongkonan
@Alfi
@Sibaho way
@RaRa Wulan
Atas nama Nan Limo, saya mengucapkan Thanks sudah singgah & ninggalin comment. Halo, halo perkenalkan saya Tim baru di Blog ini.

@Ronaldo Rozalino: Alhamdulillah anda termotivasi, mohon diteruskan ke anak didiknya pak guru. Surprised anda menilai ini pikiran sehat, ini justru pikiran mantan koruptor :)) tapi anda tidak perlu jadi koruptor dulu untuk menulis seperti ini :)

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

Mungkin untuk membilang Tidak bukan sesuatu yang mudah apalagi kalau di Letakkan uang 10 koper di mata kita yang setiap koper isinya 2 M bisa banyangin duitnya smana bang?

Semuanya Waktu yang akan menjawab comment saya tersebut.. Biarlah waktu yang menjwab nya, waktu ga bisa berbohong tapi perkataan yang langsung kluar payah untk di pegang..

Thanks

Laksamana Embun said...
on 

Korupsi itu seperti lingkaran setan,benar sekali kata2 ini...lingkarannya slalu mengikat orang2 yg khilaf...semoga kita bukan golongan orang2 yg ada dalam lingkaran tersebut.

ateh75 said...
on 

@Laksamana Embun: tidak mudah bukan berarti tidak bisa. jangan serahkan kepada waktu karena kita berpacu dengan waktu. mulailah sekarang, dari hal yang kecil dan dari diri sendiri...

Maka bila negerimu dikuasai para bedebah
Usirlah mereka dengan revolusi
Bila tak mampu dengan revolusi,
Dengan demonstrasi
Bila tak mampu dengan demonstrasi, dengan diskusi
Tapi itulah selemah-lemahnya iman perjuangan(Adi Massardi)

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

@ateh75: hehehe jangan jadi lingkarannya dan jangan jadi setan...

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

@anindyarahadi: emo belom mandi, dia tak berani menampak kan diri. Jumpa asistennya aja ya?

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

Halo-halo, temans & sahabats
Ini adalah posting pertama saya, sejak diajak Emo untuk bergabung di Tim blog ini.
Surprised dengan banyaknya comment, thanks semua! Saya jadi tergerak untuk menulis Berharganya Kata TIDAK: “Corruption–Your No Counts” jilid II

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

Berharga untuk berkata Tidak
karena sangat sulit untuk mengatakan tidak pada yang namanya harta

Itik Bali said...
on 

@Pakngah: makasih pk ngah... mau memelihara pliharaan sy ini disaat sy sdang mandi... kekke.. :)), maaf baru sempat OL, tdi turun ke jalan...

@itik: pa kabar? kangen nih...

@To ALL: Mulai saat ini blog sungaikuantan.com ini akan di kelola oleh 2 rang Bujang Kuantan, ups.. tapi kalau di blog ini 2duanya bujang deh.. kekekeke.. iya ga pk ngah??

NanLimo Bertuah said...
on 

Bulog: Bujang Blog hehehe

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

@Nanlimo: ang jago lah kodai ge, den nak mengerojokan thesis 'lu

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

@PakNgah: Bulog: Bujang Blog, ok jg tuh pak ngah.. kekkek..., amantu pakngah, kodai kan bajago ma mlm go, lanjutkan thesis tu.. :D

NanLimo Bertuah said...
on 

Berantas terus korupsi..singkirkan kuman2 yg melekat di bumi tercinta Indonesia ini.. !!

Lina Marliana said...
on 

turut mendukung gerakan anti korupsi

munir ardi said...
on 

TIDAK!
hihihi...aku udah bilang tidak.

*nggak nyambung*

yup, korupsi emang harus diberantas dari kata tidak! setuju!

Clara said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs