-

October 27, 2009

Kerajaan Salakanegara

Kerajaan Salakanagara
(Salaka=Perak) atau Rajatapura termasuk kerajaan Hindu. Ceritanya atau sumbernya tercantum pada Naskah Wangsakerta. Kerajaan ini dibangun tahun 130 Masehi yang terletak di pantai Teluk Lada (wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten).

Raja pertamanya yaitu Dewawarman yang memiliki gelar Prabu Darmalokapala Dewawarman Haji Rakja Gapura Sagara yang memerintah sampai tahun 168 M.

Dalam Babad suku Sunda, Kota Perak ini sebelumnya diperintah oleh tokoh Aki Tirem Sang Aki Luhur Mulya atau Aki Tirem, waktu itu kota ini namanya Pulasari. Aki Tirem menikahkan putrinya yang bernama Pohaci Larasati dengan Dewawarman. Dewawarman ini sebenarnya Pangeran yang asalnya dari negri Palawa di India Selatan. Daerah kekuasaan kerajaan ini meliputi semua pesisir selat Sunda yaitu pesisir Pandeglang, Banten ke arah timur sampai Agrabintapura (Gunung Padang, Cianjur), juga sampai selat Sunda hingga Krakatau atau Apuynusa (Nusa api) dan sampai pesisir selatan Swarnabumi (pulau Sumatra). Ada juga dugaan bahwa kota Argyre yang ditemukannya Claudius Ptolemalus tahun 150 M itu kota Perak atau Salaknagara ini. Dalam berita Cina dari dinasti Han, ada catatan dari raja Tiao-Pien (Tiao=Dewa, Pien=Warman) dari kerajaan Yehtiao atau Jawa, mengirim utusan/duta ke Cina tahun 132 M. (bersambung..)

Tulisan ini adalah sambungan dari Postingan -> Kerajaan Kepaksian Sekala Brak
Sumber Foto: dingum784.blogspot.com

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

10 komentar to “Kerajaan Salakanegara”

pertamaXX........
lg lain silakan premium.....

NanLimo said...
on 

Luas juga ya...

ireng_ajah said...
on 

Tapi kenapa orang pandeglang ga ada mirip2nya ama orang india ya.mirip warna kulitnya ajha hehe
keep share :)

Ducky said...
on 

salam sahabat
kalo tentang kerajaan ini saya tak tahu ,nah bacanya jadi tahu bermanfaat banget thnxs ya...oh iya dah saya follow kalo mau follow belum???good luck ya...

Rihar Diana(dhana) said...
on 

oh ada yah salakanegara..??

baru tau..

tp kok gak ada dalam buku sejarah,,
apalagi berada di wilayah pandeglang, masih ada suku sunda,,
tp kok kerajaannya hindu yah...
hmm..

Phonank said...
on 

pohaci larasati,, seperti apakah wajahnya?

TRIMATRA said...
on 

kunjungan pertama....dengan bc blog ni nambah pengetahuan sejarah bumi kita....

elpa said...
on 

Berkunjung sekalian belajar sejarah setelah lama hiatus. Apa kabar? ^_^

ajeng said...
on 

Tulisan yang mengingat kan sejarah Indonesia yang patut dipelihara.!!!

Ronaldo Rozalino said...
on 

ha ha ,, kembali ke pelajaran sejarah nih Om ,,,
btw ,, makin keren aja blog na ,,
Semangat teruz Om !!!

putra said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs