-

September 09, 2009

Batik Warisan Budaya Indonesia

Batik Warisan Budaya IndonesiaBeberapa waktu lalu, Batik sebagai warisan budaya yang berasal dari indonesia sempat membuat heboh dua negera serumpun. Tak lain dan tak Bukan adalah Malaysia dan Indonesia. Semua orang sudah tahu tentang hal itu. Semua itu telah menemukan titik temu. Pada tanggal 28 September 2009 hingga 2 Oktober 2009 nanti, Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membawahi masalah kebudayaan, UNESCO, telah menyetujui batik sebagai warisan budaya tidak benda yang dihasilkan oleh Indonesia. Keberhasilan itu telah dilaporkan oleh Menko Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang


"Kami telah menerima pemberitahuan dari UNESCO bahwa batik diakui sebagai satu warisan dunia yang dihasilkan dari bangsa Indonesia," ujarnya.

Untuk merayakan keberhasilan itu, lanjut dia, Presiden Yudhoyono mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenakan pakaian batik demi penghargaan terhadap kebudayaan Indonesia tersebut.

"Presiden menyampaikan untuk memelihara itu. Menbudpar sendiri telah memberikan jaminan bahwa batik akan terus dibudayakan di Indonesia," ujarnya.

Warisan budaya tak benda kemanusiaan merupakan satu dari tiga daftar yang dibuat di bawah Konvensi UNESCO 2003 mengenai Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan.

Sejak 2008, pemerintah telah melakukan penelitian lapangan dan melibatkan komunitas serta ahli batik di 19 provinsi di Indonesia untuk menominasikan batik sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan dari UNESCO.

Menurut Menko Kesra, UNESCO menilai batik sebagai ikon budaya bangsa yang memiliki keunikan serta simbol dan filosofi yang mendalam mencakup siklus kehidupan manusia.

"Batik bukan hanya dianggap budaya yang berasal dari Indonesia, tetapi diakui sebagai satu representasi dari budaya tak benda dari kemanusiaan," ujarnya.

Sebagai kain tradisional, lanjut dia, batik kaya akan nilai budaya sebagai kerajinan tradisional yang diwarisi secara turun temurun.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan, sejak 2003 kebudayaan Indonesia telah diakui oleh UNESCO dengan diraihnya sertifikat wayang sebagai warisan budaya tak benda dan keris sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

Selanjutnya, menurut Jero, pemerintah sedang menominasikan angklung sebagai warisan budaya dari Indonesia.

"Kita terus memperjuangkan satu per satu karya budaya," ujarnya.

(sumber: http://oase.kompas.com)

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

15 komentar to “Batik Warisan Budaya Indonesia”

akhirnya udh dpt sertifikat ya klo batik itu dari indonesia

Linda Belle said...
on 

Bati memang milik indonesia,
dan negara yang mengeklam batik adalah miliknya maka mereka sama saja mempermalukan bangsanya sendiri. karena sudah jelas batik diakui adalah milik indonesia.
mari kita terus tingkatkan budaya bangsa kita.
Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Iklan Gratis said...
on 

Batik resminya bulan depan tuh,,,kita musti bersyukur,,rajin2 pakai batik juga,,

mel said...
on 

Riau ayo maju dunk,,jangan sampai pulau jemur di klaim juga tuh

online online said...
on 

Waduw, masih sempat2'x naruh link kontes SEO'x, wkwkwkwk...
Mantep2... :D

Hmmm, ia nih, sekarang udah resmi menjadi milik Indonesia, udah diakui ama UNESCO :)

Zippy said...
on 

@linda >> iya ni mbka.. smoga yang lainnya ngikut.
@MEl>> ok deh Mel.... jgn ragu dan jgn bimbang.... itu semua milik kita.. siip...
Zippy>> hehhehee... tw aja loe...... yg pnting usaha bro...

Wisata Riau said...
on 

Hidup Kebudayaan Republik Indonesia, Batik Indonesia akhirnya resmi menjadi milik kita.. semoga hasil dari kerajinan dan kebuadayaan lainnya di Indonesia bisa seperti ini juga. Aminnn

YourButik.com said...
on 

mari kita lestarikan batik ini.

Sang Cerpenis bercerita said...
on 

Alhamdulillah Budaya Kita sudah diakui dunia....!!

Ronaldo Rozalino, Teluk Kuantan, Kuantan Singingi said...
on 

hak paten sudah kita dapatkan (batik) selanjutnya bagaimana melestarikan dan menjaganya...salam indonesia raya

indonesia raya said...
on 

apa yang memang punya kita ya pasti tetep punya kita....
semoga tetap menjadi milik kita....
Indonesia Jaya..
lam kenal blogger nganjuk

retnet said...
on 

cuy mantap
batik mang ciri has kita
apalagi kalo kita lestarikan
ok
eh kita saling tuker pikiran yuk

lawan.us said...
on 

Alhamdulillah akhirnya...
Weh kebetulan kemarin habis beli baju batik buat anak nich. Pas dia pake ke sekolah, langsung gurunya muji, bajunya kerennnn hehehe...
Yuk yukk pake batik ^_^

Lala said...
on 

JAGA KELESTARIAN BATIK...

http://pasarjogja.com

pasarjogja said...
on 

Mari selalu menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Khas Darmanto said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs