-

June 02, 2009

Penggetah dan Burung Bayan

Penggetah dan Burung Bayan

Cerita Rakyat Riau - Burung Bayan dan Si Penggetah sebuah Cerita Rakyat Riau. Alkisah, di pinggir hutan belantara, terdapatlah sebuah rumah yang dihuni oleh keluarga miskin. Karena kerja si Miskin setiap hari adalah menggetah burung, maka penduduk sekitar memanggilnya si Penggetah.Burung-burung hasil getahannya tersebut ia jual di kampung tetangga, tak jauh dari rumahnya. Karena si Penggetah mengetahui Burung Bayan memiliki bulu dan suara yang indah dan pandai berbicara, maka ia berkeinginan untuk menggetah Burung Bayan.


Kunjungi Wisata Riau

Suatu hari, setelah si Miskin mempersiapkan segala keperluan untuk menggetah, berangkatlah ia ke dalam hutan belantara. Tak lama kemudian, ia pun menemukan sebuah pohon yang menurutnya sangat strategis untuk memasang getah. Setelah memasang getah di ranting kering pada pohon itu, ia kemudian menunggu di bawah pohon. Sambil berharap burung Bayan yang diidamkannya terkena getah, ia mengucapkan janji dalam hati, “Jika aku berhasil mendapatkan Burung Bayan, maka aku akan memberinya sangkar emas.”


Untuk Cerita Lebih Lengkap Anda Bisa Mengunjungi ceritarakyatnusantara.com


Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

14 komentar to “Penggetah dan Burung Bayan”

burung yang cerdi..jadi ingat waktu kecil suka didongengin ortu

nietha said...
on 

wah aku waktu kecil malah burungnya di pegangi terus karena takut lepas

bunga raya said...
on 

ini namanya raja congok
raja yang patut digetok

attayaya said...
on 

owh.. ternyata cerita dari riau ya..
baru tau saya he..he..

hryh77 said...
on 

Cerita yang berkulitas dan banyak mengandung hikmah bila direnungi

Ronaldo Rozalino said...
on 

ga kok,
masih lumayanlah
tak lama
tak pun cepat

attayaya said...
on 

aja yang tamak dan tidak menyejahterakan rakyatnya, suatu hari akan ditumbangkan oleh rakyatnya sendiri. Raja yang adil dan bijaksana selalu dicintai dan didukung rakyatnya, sebagaimana pepatah Melayu: Raja Adil Raja Disembah, Raja Zalim Raja Disanggah..... so.. sangat terkesan sekali alinea ini.

oh ya sobat, ikutan review produk dan kontes blog berhadiah notebook dll, lihat model reviewnya di blogku

bcom said...
on 

kak, tukeran link yuuu...

link u dah ku masukin ke blog aku...



hihihihhii, salam perdamaian dari manohara....

Gil Nocturne, Gillian shie said...
on 

Indonesia memang kaya akan berbagai budaya ya, salah satunya ya cerita rakyat...harus di hak paten tuh...takut diserobot negri Jiran

Rinto said...
on 

viva buat manohara yang dah bebas... horeeeeeeeeee2 selamat2

Gil Nocturne, Gillian shie said...
on 

Cerita Rakyat ya...Dulu sih gw sering baca2 cerita kayak gini...Burung nya yg hebat bisa menurunkan Tahta seorang raja...

Maryo said...
on 

ini pedoman buat para pemimpin agar tidak mengabaikan rakyat. jatuh bangun seorang pemimpin terletak dari kebijaksanaan pemimpin itu sendiri.

Seri said...
on 

ceritanya asik....buat diceritain sebelum tidur ni.....

rae_zen said...
on 

lama tidak mendengar cerita rakyat...thanks for sharing this story...

kristal swarovski said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs