-

June 05, 2009

Air Terjun Aek Martua | Wisata Rokan Hulu

Air Terjun Aek Martua | Wisata Rokan Hulu
Wisata Riau - Air Terjun Aek Martua ini adalah salah satu wisata unggulan di kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau Indonesia. Aek Martua adalah nama sebuah sungai di wilayah Desa Tangun Kecamatan Bangun Purba dan Air Terjun Aek Martua adalah air terjun yang tertinggi dari sekian banyak air terjun yang terdapat disepanjang hulu sungai. Bukit Simalombu inilah nama kawasan ini yang merupakan hutan alam berstatus Taman Hutan Raya dengan potensi pohon ratusan kubik. Nama Aek Martua berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertuah, dimana mayoritas penduduk desa ini adalah suku mandailing.


Air Terjun Aek Martua | Wisata Rokan Hulu
Air Terjun Aek Martua
Lokasi air terjun Aek Martua berada di kawasan pegunungan Bukit Barisan dalam kabupaten Rokan Hulu. Air Terjun Aek Martua ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri karena memiliki tiga tingkat. Aek Mertua ini memiliki panorama alam yang mempesona. Airnya yang jernih bak kemasan air mineral, sungguh membuat sedap mata memandang. Di samping menjadi obyek wisata, sekarang Aek Martua ini, telah pula menjadi objek penelitian oleh sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Pekanbaru.


Air Terjun Aek MartuaUntuk mengunjungi Air Terjun Aek Martua ini anda dari Pekanbaru – Pasir Pengaraian ( naik angkutan L300 atau Superban Rp. 35.000) turun di Simpang Tangun. Kemudian naik angkutan menuju Tangun dengan jenis Oplet dan Omprengan Rp. 5000. Di pintu masuk objek wisata ini mulai melewati jembatan gantung dan jalan setapak di perkebunan masyarakat sejauh kurang lebih 3, 5 Km, kemudian melewati kawasan hutan lindung sejauh kurang lebih 3 Km. terdapat tanjakan dan turunan yang lumayan curam serta pemandangan indah. Panorama hutan yang masih alami akan menemani kita menuju Air Terjun Aek Martua ini.

Credit Foto: www.flickr.com

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

12 komentar to “Air Terjun Aek Martua | Wisata Rokan Hulu”

wah. airnya jernih ya..??
Taman Hutan Raya.. smoga dapat di jaga kelestariannya.. Aset bangsa lho..??

Ifoel said...
on 

Enaknya bisa mandi di air terjunnya.

Ronaldo Rozalino said...
on 

woow....airnya jernih bgt...

Anonymous said...
on 

Cara membuat bloggrol Jalur Kuansing agar bloggroll seperti dinda bagaimana ya? kanda lupa jalannya. Mohon tutorialnya atau email Kanda Email:ronaldorozalino@gmail.com

Ronaldo Rozalino said...
on 

Meski pun agak telat,
met ultah Pekan Baru....!

RUBIYANTO - UNITED SENOPATI said...
on 

Aku ada award untukmu sahabat, semoga berkenan.Pacu Jalur Sungai Kuantan di postinganku.

sehat dengan reiki said...
on 

tadi kirain baca... air mertua... hehe... udah pedes nih mata...

*dah tidur sono gih...hihi*

donalduck said...
on 

aq ini kalau ada air suka mancing sambil lihat keindahan alam semulajadi. airnya begitu jernih pasti gede-gede ikannya.

Seri said...
on 

indah nan asri.....begitu juga melihat pemandangan seperti ini.....

HAPIA Mesir said...
on 

Mengapa sih klo jalan kesana susah kali ,,,,!
jalan kaki sampai 3,5 Km, trus becek lagi, hutan lagi, sunyi sepi, tolong donk,s pak bupati akses jalan kesana diperbaiki biar banyak turis kesana OK,,,,,,,,,,!

harry said...
on 

Iya bnar tu kta sdr Harpia...
Tlong lbih dprhtkn lg Pak,, 1 lg mslah karcis msuk, bnyak PULI dsana alias pmungut liar...
Iya bnar tu kta sdr Harpia...
Tlong lbih dprhtkn lg Pak,, 1 lg mslah karcis msuk, bnyak PULI dsana alias pmungut liar...

Ukkon Tangun said...
on 

Bak soboik urang pasie, aie nyo sojuk padek, lomak baok keluarga piknik hehehe..

Anwar Ef said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs