-

May 13, 2009

Daftar Objek Wisata Kuansing

Pacu jalur>>Jalur adalah sampan berukuran panjang (Long Boat Race) 25-40 M, proses pembuatan Jalur ini dimulai dari musyawarah dan mufakat masyarkat untuk mencari kayu ke hutan. Penebangan kayu harus yang memenuhi persyaratan, baik besar kayu, panjang kayu, umur kayu, dan bahkan dinilai dari marwah kayu itu sendiri yang berada disekitar hutan. Setelah penebangan kayu dilaksanakan, kayu dibentuk setengah jadi dan selanjutnya diangkut kedesa dan dilanjutkan setelah sesampainya di desa dan siap untuk dilayur (diasapi).

Dalam proses pengasapan jalur tadi, masyarakat yang punya hajatan disuguhkan makanan khas Kuantan Singingi dan diselingi dengan kegiatan kesenian tradisonal. Pacu jalur merupakan pesta Budaya Rakyat yang dilaksanakan tanggal 21-24 Agustus setip tahunnya. Pesta budaya rakyat ini telah menjadi Event Nasional dan diikuti oleh Kabupaten-Kota se-Propinsi Riau, Propinsi tetangga, bahkan diikuti oleh negara jiran Malaysia, Brunei dan Singafore. Antusias pengunjung sangat tinggi untuk menyaksikan Pacu Jalur, apalagi kalau ada yang diunggulkan. Disamping nilai budaya yang sangat unik, baik entuk Jalur, cara memacukan mempunyai makna dan harus didukung stamina yang prima. Cerita lebih lanjut tentang Pacu Jalur bisa anda baca di Pacu Jalur Kuantan Singingi

perahu+baganduangPerahu Baganduang
Ditepian Pasar Lubuk Jambi dilaksanakan lomba Perahu Baganduang dan prosesi Manjopuik Limau, acara ini dilaksanakan minggu pertama selepas hari raya Idul Fitri (tanggal 8 Syawal). Manjopuik Limau adalah prosesi setelah kegiatan mengadakan kegiatan Batobo ke sawah antara pemuda dan pemudi yang menaruh kasih saying diperantara oleh orang ke tiga yang disebut Titian Sosok. Cerita lebih lanjut tentang bisa anda baca postingan ini Perahu Baganduang

Air Terjun Guruh Gemurai
Objek wisata Air Terjun Guruh Gemurai berjarak 23 KM dari pusat Kota Teluk Kuantan. Indahnya air terjun ini memeberikan kenyamanan dan ketenangan tersendiri bagi pengunjung. Nama Guruh Gemurai diambil dari bahasa daerah setempat, dimana Guruh berarti Gemuruh (bunyi air terjun dimaksud), sedangkan Gemurai adalah percikan air yang berserakan. Jadi air terjun Guruh Gemurai berarti air terjun yang bunyi percikannya (curahannya) bergemuruh. Anda berada di Ibukota Kabupaten Kuantan Singingi yakni Teluk Kuantan dengan bus menuju arah Kiliran Jao Sumbar akan melalui Kota Lubuk Jambi, Ibukota Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, namun sebelumnya yakni 3 Km sebelum Lubuk Jambi (19 Km) dari Teluk Kuantan, anda dapat menikmati keindahan Danau “Kebun Nopi” tidak ada duanya di Kuantan Singingi. Anda berada di Lubuk Jambi Ibukota Kecamatan Kuantan Mudik masih Kabupaten Kuantan Singingi, 3 Km arah Kiliran Jao Sumbar, anda memulai perjalanan yang mendaki sesekali melalui jalan yang berbelok-belok dengan panorama alam yang terkenal bagian dari Bukit Barisan, sampailah anda ditengah-tengah pendakian yang berbukit-bukit and lurah, disanalah terdapat air terjun Guruh Gemurai, tepatnya di desa Kasang. Cerita lebih lanjut dan foto-fotonya bisa anda lihat postingan ini Air Terjun Guruh Gemurai


Air Terjun Tujuh Tingkat
Objek wisata ini, air yang terjun dari tingkat pertama ketingkat berikutnya kita seakan melihat kristal yang berjatuhan. Air terjun tujuh tingkat ini berada dalam Hutan alami yang belum terjamah oleh tangan manusia. Untuk menuju objek wisata ini kita menempuh perjalanan 35 KM dari pusat Kota Teluk Kuantan dan dilanjutkan dari Pasar Tradisional Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan. Dari sini kita melanjutkan dengan menggunakan pompong atau speed boat selama limabelas menit. Disepanjang aliran sungai lita dihibur dengan kicauan burung dan suara binatang (ungko) hutan yang bergelantungan di sepanjang sungai kuantan.

Sumber Air Panas Alam
Kemudian potensi lain adalah Sumber Air Panas Alami yang terletak di Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan. Konon air panas yang mengandung belerang ini mampu mengobati penyakit kulit dan penykit laainnya. Menurut penduduk setempat Air Panas ini akan lebih panas pada hari Selasa dan Sabtu. Objek Wisata Air Panas Alam ini berjarak 33 Km dari Teluk Kuantan. Dari Teluk Kuantan arah Kiliran Jao yakni 500 M sebelum sampai di Kota Lubuk Jambi, anda akan menjumpai simpang jalan ke arah kanan dan terus melanjutkan perjalanan 11 Km akan sampai ke satu tempat bersejarah yang konon sejak nenek moyang sudah dikunjungi beramai-ramai oleh masyarakat dalam dan luar Kuantan Singingi untuk berobat penyakit kulit, reumatik dan lain-lain. Itulah ‘Air Panas Alam’ yang keluar dari perut bumi atas Rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Dari persimpangan jalan anda melalui beberapa desa yakni Pulau Binjai, Pabaun, Siak dan sampailah ke lokasi dimaksud.


Air Terjun Pati Soni
Objek wisata Air terjun pati Soni ini terletak di Desa Cengar, Kecamatan Kuantan Mudik. Untuk sampai ke Objek wisata ini kita menemuh jarak 34 Km dari pusat Kota Teluk Kuantan.

Pangkalan Indarung
Menagkap Ikan larangan di Desa Pangkalan Indarung, Kecamatan Singingi. Merupakan tradisi masyarakat setempat. Biasanya dilakukan pada bulan desember pada setiap tahunnya. Pemerintah Desa dengan masyarakat setempat membuat sebuah peraturan bagi warganya, bahwa barang siapa yang menagkap ikan diluar musim panen maka mereka yang melanggar akan dikenakan hukumn atau sangsi.

Danau Masjid Koto Kari
Keindahan alam di Danau Masjid Koto Kari sangat mempesona, apalagi kalau dikunjungi saat matahari hampir tenggelam. Jarak dari pusat kota teluk kuantan tiga kilometer dan melintasi jalan utama ke Sumatra barat. Dari Teluk Kuantan dapat ditempuh dengan bus menuju ke barat ke arah jalan Lubuk Jambi Kiliran Jao, dengan hitungan menit saja sampailah kita di simpang, belok ke kiri jalan ke ‘Danau Mesjid’ sejauh 300 M dari simpang jalan raya. Disana anda dapat menikmati keindahan Danau Mesjid dengan sampan dayung serta fasilitas lainnya.


Rawang Udang
Danau Rawang Udang berlokasi di desa Talontam Benai, Kecamatan Benai. Objek wisata ini berjarak 13 KM dari pusat kota teluk kuantan. Objek wisata Danau rawang Udang ini dikelola pihak swasta yang telah dilengkapi berbagai fasilitas seperti kereta dayung. Restoran, oven stage, Mushola, wc, dan asilitas lainnya. Anda ingin melihat fotonya silakan klik ini

Logas
Logas terletak antara Pekanbaru dan Teluk Kuantan, sekitar 40 km dari Teluk Kuantan menuju Pekanbaru. ada tempat yang disebut Logas. Sebagian besar masyarakat di sini bekerja sebagai emas miners. Nama logas tidak hanya dikenal sebagai tambang emas, tetapi juga terkenal dengan kerja paksa selama masa penjajahan Jepang. Logas yang penuh dengan batu batu dataran rendah yang menyimpan potensi emas nya. Di antara bukit-bukit batu, Batang Singingi aliran sungai mengalir dengan jelas air yang memberikan tambahan nilai panorama alam yang indah.

Wisata desa Koto sentajo
Desa Wisata Koto Sentajo terletak 5 Km dari Teluk Kuantan Ibukota Kabupaten Kuantan Singingi, untuk mencapainya bisa menggunakan bus menuju ke timur yakni arah ke Rengat ibukota Kabupaten Indragiri Hulu sejauh 5 Km sampailah di desa Koto Sentajo yang ditetapkan sebagai ‘Desa Wisata’. Di desa ini dapat kita saksikan peninggalan sejarah atau adat nenek moyang berupa rumah adat dengan bagunan asli dengan motif khusus. Masyarakat di desa tersebut masih kental dengan adat kebiasaan yang diterima dari nenek moyang leluhurnya. Walaupun kehidupan masyarakat sudah jauh meninggalkan kebiasaan lama itu, namun ada hal-hal tertentu yang tidak mau ditinggalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Di belakang desa wisata ini masih terdapat hutan yang asli, yang sampai sekarang masih dilarang untuk merusaknya, dan ini telah ditetapkan sebagai hutan lindung seluas 5000 Ha.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

20 komentar to “Daftar Objek Wisata Kuansing”

Menarik lho! Ada nggak ya tour agent di Riau yang bisa mandu turis buat liat Pacu Jalur itu? Kan susah kalo kudu ke sana sendiri?

Vicky said...
on 

Ci ileh..keuar juga ya...

Xpresi Blogger said...
on 

wah wah lebih banayk wisata air ya engga kek wisata di kota saya yng mayoritas wisata pegunungan. sip mas, sebagai anak bangsa turut memajukan wisata daerah. bravooo

----------------------------
ayo ayo yang belum dukung. mohon dukungannya ya. engga perlu pasang link, apalagi mesti bayar. cukup komentar ae di tulisan sejarah, kelebihan, seluk beluk dan template keren buat blogspot . ditunggu komen dukungannya ya *ngarep*

Eros said...
on 

sungaikuantan dijadikan ajang olahraga air untuk PON nanti. selamat ya

attayaya said...
on 

Pacu jalur merupakan lomba tradisi dari masyarakat Inderagiri Hulu. Saya sangat terkesima tatkala membuat liputan tentang pembuatan Pacu Jalur tahun 1988 dulu. Musyawarah muwakat pemuka adat dalam menentukan batang pohon yang hendak ditebang sekaligus menarik pacu jalur di tanah perkampungan desa tempat jalur hendak diluncurkan ke sungai Indera Giri Hulu sungguh menarik.
Saya berkunjung ke daerah sini tatkala Riau masih di pimpin Gubernur Soeripto.
Saat diadakan lomba jalur sungai kecil debit airnya. Begitu lomba pacu jalur selesai turun hujan lebat disertai petir menyambar-nyambar di Kecamatan Indera Giri Hulu dan sungai menjadi banjir. Suatu keajaiban alam.

arumsekartaji said...
on 

Wisata air sungai kuansing indah juga
baru tahu saat baca postingan ini

Unknown said...
on 

segera dilaksanakan PR nya OK!!

Unknown said...
on 

Menarik juga ya?
Salam saya dari sambas.

Bang Long said...
on 

I love the land of My Mom and Dad.. Hallah apa sih bahasaku. Sayang sekali sepertinya belum dikelola secara maksimal. Seperti yang disampaikan Vicky diatas, Saya rasa belum ada travel agent khusus yang akan membawa wisatawan ke even Pacu Jalur. Pihak-pihak yang berkepentingan sepertinya harus lebih peduli lagi. Emo for Regent of Kuansing!

bang fiko said...
on 

halo om apa kabar?

chacha said...
on 

kanda....
kapan2 ajak dinda (ciiee) keliling di kuansing ya?? hehe *ngarep mode on*

Aya said...
on 

Kapan kita di Undang mengembara Ke sana Bro..
Klo ada dana dan kesempatan.. siap meluncur Bro...

PendekarKodokBLOG said...
on 

saya suka info tentang daerah terutama kuansing. good luck

mulkismawati said...
on 

Kuansing adalah daerah wisata yang belum dikenal. Terus promosikan. Jangan lupakan koneksi Mudik Kuantan - Sinamar gerbang Sumatera Barat yang mempesona ...

Mudah-mudahan Thik Tank Kuansing dapat memmikirkan pembukaan kembali proyek Jalan Kereta Api Romusha Logas - Muaro. Sudah itu bekerjasama dengan propinsi riau meneruwskannya ke Logas -Pekanbaru. Proyek ini akan menjadi Sumber Wisata Sejarah yang akan dikenang jauh ke Masa Depan, yang akan memasukkan Peta Kuuansing ke tengah-tengah pandangan Wisata Internasional ...

-- MakNgah
Sjamsir Sjarif
http://www.usindo.net/hambo
http://www.santacruzsentinel.com/localnews/ci_12030675

Sjamsir Sjarif said...
on 

Ternyata indah2 ya budaya indonesia...
tetap lestarikan dan jaga, jangan sampai jati diri kita di copas bangsa lain ya...
lanjutkan...

Anonymous said...
on 

klo sempet main kesana saya mampir yaa sob

elyas said...
on 

thank's buat info objek wisata nya... :)

tempat wisata said...
on 

Keren tu ...

Usul .. Berwisata kekebun matoa n kakao bisa ngak yha ,,,

Bertempat Didesa beringin taluk kuantan. he he
lihat sedikit yha .

http://petanikuansing.blogspot.com/

Petani Kuansing said...
on 

wowwwwwwwwwwwwwwww ............. uenaks bangetssssssssssss tuch kalo liburannya ke kuansing ................. !!!!!!!!!!!! jadi pengen tinggal di kuansing nech ............ jadi orang kuansing maksudnya .............. !!!!!!!!!!!!!!

elvinae said...
on 

Numpang COpas Brother!!!

Guru Seni Kuansing said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs