-

May 16, 2009

Bus Metro Pekanbaru Riau

Bus+Metro+Pekanbaru+RiauMenghitung hari, Bus Trans Metro hadir di Pekanbaru. Sebagai Kota yang besar, Pekanbaru sering dilanda macet, mungkin oleh sebab itulah Wali Kota Pekanbaru mendatangkan Bus Trans Metro seperti yang ada di kota besar Jakarta dan Jogja. Kita berharap dengan hadirnya Bus Trans Metro dapat mengatasi kemacetan jalan-jalan protokol di Pekanbaru.

Saat ini pengerjaan pembangunan halte dan sarana penunjang Bus Trans Metro perlu dimaksimalkan, sehingga bisa benar-benar dimanfaatkan masyarakat Pekanbaru seperti di Jakarta. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di ruas jalan utama di Pekanbaru. ''Memang sekarang hanya jam tertentu saja macet. Tapi kalau tak dari sekarang mengatasinya tentu akan terlambat,’’ jelas Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, H Muhammaddun Royan SE kepada media di Riau. Oleh sebab itu keseriusan pemprov Riau benar-benar terwujud dan segera direalisasikan terutama masalah halte. Sebab sekarang hanya menunggu kesiapan halte. Pemerintah tampaknya betul-betul mempersiapkan trans metro Pekanbaru ini karena menyangkut kepentingan warga kota. Bus Trans Metro Pekanbaru Beroperasi Juni. Akihir-akhir ini warga sering mengeluhkan kurangnya kenyamanan dan pleayanan angkutan kota Pekanbaru. Untuk itulah, Pemko Pekanbaru sesegera mungkin meluncurkan sarana angkutan massal baru seperti bus way di Jakarta atau Trans Metro Pekanbaru.Bus Trans Metro diharapkan dapat mengantisipasi ledakan perkembangan ibu kota Riau yang makin pesat. Sehingga dibutuhkan sistem transportasi umum massal yang tertata dengan baik dan rapi.Wacana transportasi yang lebih dikenal dengan istilah Sistem Angkutan Umum Massal (SAUM) ini, sudah terdengar sejak Januari lalu. Meski hingga kini masih belum terwujud, namun SAUM ini tidak lagi hanya sekedar rencana. Beberapa halte khusus untuk bus Trans Metro Pekanbaru kini sudah bisa dilihat di jalan protokol, sepetri jalan Sudirman.Terdengar kabar bahwa bus Trans Metro ini baru akan dioperasikan bertepatan dengan puncak perayaan hari jadi Kota Pekanbaru, pada Juni mendatang.Direncanakan halte akan dibangun sebanyak 59 tempat dan sejauh ini yang sudah selesai 100 persen baru sekitar 19 unit halte dengan dana dari APBN. Sedangkan sisanya mendapat bantuan dari pihak lain sekitar 37 halte.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

15 komentar to “Bus Metro Pekanbaru Riau”

keren.. jadi ntar kaya transjakarta gtu yah..
mantab deh..

hryh77 said...
on 

busnya bagus,kliatan bersih gak kayak metromini di jakarta,hehehe

JengSri said...
on 

Ini baru langkah awal nanti kita harapkan monorel juga bisa ada di Pekanbaru.

eri-communicator said...
on 

Dikeheningan malam, ku blogwalking dari satu blog ke blog lain,hingga akhirnya mampir keblog sobat.

eri-communicator said...
on 

goodluck ;)

phie said...
on 

aku meragukan
paling ntar setelah 1 tahun, semuanya hancur
jalan hancur
halte hancur

attayaya said...
on 

wuih... busnya kereeen ;)
gede pisan euy...
pku manteplah...

aya said...
on 

makin keren nih kota pekanbaru... Transportasinya mantap...nice info sob...salam persahabatan..

Dinoe said...
on 

Kemacetan harus di atasi sebelum semakin parah seperti jakarta......

IjoPunkJUtee said...
on 

maaf.. baru sempat berknjung lagi bro...
sibuk banget... met week end ya..??

jgn lupa berknjung ke rumahku yang baru ya..??
klik di sini

ifoel said...
on 

Bus nya masih baru baru ya. Semoga bisa mengatasi masalah kemacetan

erik175914 said...
on 

jadi bingung deh, pekanbaru gak ada bus aja dah macet bangets..apalg pake ginian, sama aja kyk jkrt, tambah parah macetnya...
dimana letak solusi nya??
harusnya kan jalan diperlebar (tapi kyknya gak mgkin)..
tau deh, mending jalan kaki, gak bakalan kena macet..cape deh

beheppy said...
on 

Wah pekan Baru makin keren Bro...!!!

Andi said...
on 

Penggunaan halte yang di sebelah kiri seperti Bus kota yang lain, sepertinya kurang diperharikan oleh Walikota. Apakah Wako tidak melihat bagaimana ramainya Jl. Jend Sudirman sebagai Jl. Protokol di Pekanbaru? Untuk menyeberang saja susahnya minta ampun. Bayangkan para penumpang yang harus menyeberang dulu untuk menuju halte busnya. Susah kan? Kalau di Jakarta, Halte Buswaynya di tengah2 jalan, dan biasanya selalu ada penyebrangan atau minimal zebra cross yang akan mempermudah para penumpang mencapai halte. Jadi keselamatan calon penumpang juga diperhatikan. Aku rasa ini jadi PR juga bagi Wako untuk mencari solusi terbaiknya. Sepertinya membuat halte yang berseberangan dengan fasilitas jembatan penyebrangan bisa mengatasinya. Nambah biaya lagi donk? Belum lagi biaya perawatan seperti yang disampaikan Bang Atan.
Kepanjangan komenku ya, Mo? Maaf

bang fiko said...
on 

Sebelah kiri bagaimana?? Justru jalan Sudirman itu sudah ada jembatan penyebrangan ada 5 titik jembatan penyebrangan. dan disetiap 50 meter ada halte plug in.

Jalan Sudirman itu termasuk yang lebar ., bahkan pada memasuki daerah Plaza Sukaramai jalan semakin lebar dan ada jalan khusus untuk bus dan angkot.
Kalau di Jakarta itu adalah konsep busway, sementara Pekanbaru adalah trans metro yg tak ada jalur khusus.

Kalau di Jakarta sengaja bangun di median jalan protokol itu alasannya supaya bisa double track. Jadi bisa two-way pergerakannya. Kalau Trans Metro Pekanbaru kan tidak ... Satu halte cuman bisa untuk perjalanan 1 arah ....

Aku sih lebih suka kalau dibangun kayak Trans Jakarta, tapi masalah besarnya adalah biaya perawatan yang luar biasa besar (itu aja di Jakarta udah banyak jembatan penyebrangannya yang bolong2, copot2 lantainya, dan beragam masalah lainnya. Hebatnya lagi, itu juga terjadi di koridor yang merupakan kawasan representasi Jakarta, yakni di koridor BlokM-Kota.

Ya, kalau kita hanya mampu merawat dalam kapasitas sekarang, sih .. ya bagi aku udah sesuai lah

Kris Hadiawan, Buka Mata Buka Hati Buka Wawasan said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs