-

March 27, 2009

Pacu Godok Percobaan Pacu Jalur

pacu jalur
Satu diantara kesenian rakyat yang cukup popular di rantau kuantan ialah kesenian Jalur. Jalur merupakan sebuah perahu besar panjang, yang bermuatan sekitar 50 orang. Jalur ini dipacukan di Sungai Kuantan. Yang memacukan jalur disebut Anak Pacu. Anak pacu itu ada lima macam; Tukang tari 1 orang, berada dihaluan jalur.

Satu orang Tukang Concang, pengatur kecepatan berkayuh semua anak pacu. 1 orang timbo ruang untuk penimba air yang masuk kedalam jalur serta memberi aba-aba muli berkayuh dan pemberi semangat kepada anak pacu, dua orang Tukang Uwik (juru mudi) dan satu orang Tukang Onjai yang berperanan untuk menggerak-gerakkan kemudi dan haluan jalur, agar jalur melaju dengan cepat. Untuk mengetahui lebih jelas tentang Pacu jalur sobat bisa membaca postingan yang ini Pacu Jalur Khasanah Budaya Kuantan Singingi, baiklah marilah kita lanjutkan ceritan tentang Pacu Godok

Maka, apabila sebuah jalur sudah selesai dibuat dicobakanlah jalur itu melawan jalur lain. Untuk mencobakannya inilah yang diadakan Pacu Godok. Disebut Pacu Godok, karena biasanya setelah selesai uji coba memacukan jalur atau setelah selesai latihan pacu, maka semua Anak Pacu diberi semacam kue yang disebut Godok. Itulah sebabnya pacu uji-coba itu disebut juga Pacu Godok.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

3 komentar to “Pacu Godok Percobaan Pacu Jalur”

Bismillah....
akhirnya bisa pertamaXXXX.......
apa kbar kanda....
lai baduik lai bulan tuo go????
sabontar lai urg pacu...

dhiyah95 said...
on 

Wow... Jadi Pengen Nonton Pacu Jalur..

Hehhehe

Gadis Indonesia said...
on 

Aku pernah meliput pacu jalur di sungai ini di Inderagiri Hulu tahun 1988.Memang menarik melihat atraksi pacu jalur. Konon katanya setiap jalur/perahu yanng diadu memakai jasa pawang agar jalur yang dijagokan menang dalam lomba. Demikian pula sat memilih kayu hutan juga ada syarat memotong ayam putih dan memakai setanggi yang diasapi ke calon pohon yang akan ditebang untuk dibuat jalur. Netul khan?

tukang edit video said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs