-

March 29, 2009

Nila Tanzil, Tebar Inspirasi Traveling Lewat Blog

nila tanzil
Nila Tanzil seorang Blogger penggemar travelling. Berbagai belahan bumi, dengan berbagai wisata andalannya telah dijelajahi. Kisah selama bertualang mengunjungi objek-objek wisata itu Nila Tanzil tuangkan dalam tulisan di blog miliknya http://nilatanzil.blogspot.com. Melalui blog itulah, perempuan 32 tahun itu berbagi pengelaman tamasya keliling dunia.

Ide membuat blog lahir pada tahun 2004 dan Nila Tanzil langsung membuat blog di http://www.blogger.com milik Datuk Google, waktu itu Nila Tanzil sedang melanjutkan studi S-2 jurusan komunikasi (master of arts in European communications studies) di Universitas van Amsterdam, Belanda. Saat itu blog belum sepopuler sekarang ide menulis di blog awalnya karena banyak teman yang bertanya tentang pengalamannya di Belanda. Agar bisa bercerita dengn lengkap dan lelusa, Nila Tanzil cukup bilang “klik blog saya, semua cerita sudah lengkap disitu,” ujar Nila.


Awalnya, kata Nila Tanzil, dirinya hanya ingin share dengan teman-teman tentang kegiatannya di Belanda, “sekaligus memajang foto terbaru,” jelas wanita kelahiran Jakarta, 29 April 1976, itu.

Melalui blog itu, Nila berbagi cerita mengenai pemikiran hidup dan beberapa pengalaman traveling-nya. Tujuannya memberi informasi tambahan bagi kawan-kawan yang ingin pergi ke tempat-tempat tersebut. Selain itu dia ingin memberikan inspirasi lokasi traveling yang bagus bagi pembaca.

Nila yang sebelumnya bekerja disebuah perusahaan konsultan humas di Jakarta itu juga memiliki hobi menyelam. Melihat kejidupan yang dhsyat di dalam laut. Kisah tentang dirinya menyelam, termasuk foto alam bawah laut, juga dia tuangkan dalam blog itu.

“Dalam blog itu, banyak ojek wisata Indonesia ditulis. Supaya banyak masyarakat tehu tentang kekayaan alam nusantara. Saya termotivasi karena banyak orang yang mengenal Indonesia hanya Bali,” kata alumnus Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Social dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Parahyangan, Bandung, (1998) itu.

Ajang The Best Job in The World
Ajang ini diselenggarakan pemerintah Queensland, Australia. Mereka menginginkan Queensland menjadi tujuan wisata utama di Australia. Pesertanya 34.000 orang. Kontes itu mencari kandidat untuk menjadi penjaga pulau (island caretaker). Peserta yang lolos sebagai penjaga pulau itu akan menetap di Pulau Hamilton, Great Barrier Reef selama enam bulan dan mempromosikan pulau-pulau di wilayah Great Barrier Reef ke seluruh dunia. Para kandidat akan menjalani proses seleksi yang ketat dan kandidat yang berhasil bakal langsung menjalankan pekerjaannya.

Pada Senin (2/3) lalu, Tourism Queensland mengumumkan 50 peserta dari 22 negara yang masuk Shortlisted Applicants. Nila Tanzil merupakan satu-satunya Blogger Indonesia yang terpilih menjadi satu diantara 5 shorlisted itu. “Hasil karya menulis di Blog tentang wisata itu saya kirim ke panitia. Proses seleksi sangat ketat. Namun pada dasarnya, penyeleksian berdasar motivasi dan profesionalitas masing-masing pendaftar,” jelasnya.

Kandidat terpilih akan digaji untuk mengeksplorasi pulau-pulau di Great Barrier. Misalnya, dengan berenang, snorkel, tinggal dan merasakan gaya hidup di Queensland. Selama enam bulan, kandidat bertugas mengelilingi pulau-pulau di Great Barrie Reef. Setelah itu sebagai Island Caretaker harus menuliskan pengalaman tersebut di blog pribadinya, membuat foto dan video di air. Kandidat terpilih akan mendapat gaji 150.000 dolar Australia dari lembaga pariwisata Queensland selama enam bulan masa kerja.

Di antara 50 besar itu, panitia akan memilih sepuluh orang untuk maju ke babak final. Ditambah seorang lagi yang dipilih melalui voting terbanyak (wild card) dari pengunjung website yang akan langsung lolos ke babak final. Kesebelas finalis itu akan di undang ke Australia pada 3-8 Mei 2009 untuk menjalankan berbagai tes dan wawancara. Tourism Queensland akan langsung mengumumkan pemenang The Best Job in The World pada 8 Mei 2009 dan orang yang terpilih bakal mulai bekerja menjadi island caretaker pada 1 Juli 2009.

Diceritakan Nila, untuk persiapan kontes, dirinya berlibur ke Thailand selama satu bulan. Saat itulah, Nila sempat membuat profil video karena menjadi salah satu syarat. Durasinya maksimum 1 menit. Dari Thailand, Nila melanjutkan perjalanan ke Singapura dan Kamboja. Syuting dilakukan selama Nila travelling dan hasilnya dia muat di blog miliknya. (sumber www.jawapos.com denga pengubahan seperlunya)

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

23 komentar to “Nila Tanzil, Tebar Inspirasi Traveling Lewat Blog”

siut suit... sampaikan salam dari sang penyamun ya bro...


wkwkwkkwk.....

Penyamun999 said...
on 

Hmm..bisa keliling dunia dan mau berbagi pengalamannya. asik juga.
travelog yg patut di lihat .nyook


Yup !
rumahmu bikin ngiri aja...:D/

awan_clickerz said...
on 

wew.. keren tuh..
coba cek tkp ah he..he..

hryh77 said...
on 

@Penyamun; siip dah...
@Awan; napa ngri bos?? hihi..
@hryh77; ga nyesel deh bro...

sungaikuantan.com said...
on 

Ada PR nih untuk SungaiKuantan.com
Di jemput ya...
alamtnya di:
http://pendekarkodok.blogspot.com/2009/03/satu-juta-posting-untuk-indonesia.html

Klo yang lain berminat, dipersilahkan, dengan senang hati..

PendekarKodokBLOG said...
on 

langsung menuju TKP nih, ngecek.ntar kapan2 nanlimo ku view diblogku sebagai blogger yang mampu melestarikan budaya...dan pantas dapat award nih,ntar diajuin ke jhoni erwan kadis pariwisata Riau diajuain nih pantas dapat beasiswa..he..he..

eri-communicator said...
on 

hm.... boleh juga tuh bg...
hihihi... Amin..

sungaikuantan.com said...
on 

Lama gak muncul bro???
Aku ke TKP juga akh...hehehe lumayan, tuing-tuing...
Btw, alih profesi sebagai pembuat review bro???hahaha

Sandiwara Kita said...
on 

wahh keren banget bro artikelnya ini yang saya lagi cari bro

mengingatkan saya pada blogger wanita namanya gandiz

uki said...
on 

terus berjuang..terus berkarya..dan tetap niknati indahnya dunia..

kifni said...
on 

Hehehe
Keren tuch..
Ke ktp ach..
(tkp ach)

rampadan said...
on 

gambarnya keren, pantesan semangat terus yaa...

BIG SUGENG said...
on 

Review Blog ya bang?
wah..sip dah..
Eh..pictnya keren tuh
hehe....

HumorBendol said...
on 

Duduk santai sambil baca-baca postingannya....

T. Khairil Ahsyar said...
on 

asyik nya...jalan2 aja digaji yah???
huaaa...mauuuuuu

anna fardiana said...
on 

Hmmm... pernah baca kayaknya blognya. Dulu yang ngotot-ngototan dengan Menteri Pariwisata Malaysia itu ya?
:) CMIIW.

sunardi said...
on 

Wuihhhhh kuerennn kuerenn...udah traveling..digajiii....trus suruh bikin postingan di bloggg...duhhh itu namanya hidup dalam kesenangan dalam kebahagiaan.......top markotop deee

brown sugar said...
on 

cantik juga ya si Nila.. suittt..suittt..deh...pintar nih kamu cari blogger cewek yg cantik. he he he...

Sang Cerpenis bercerita said...
on 

hemmmmmmm, malam tadi rondanya sampai mana... nila, cuman sekitar komplek or keliling kota!
malam tdi dikomplekku, PLN mati melulu, lagi demAM pemilu kali ya...
jdinya mending tidur dah...
soreni, PLN ga lagi demam, cuman malah browsing yg eror, tekang melulu....

Art Partner said...
on 

Wuih..para cowok langsung menuju TKP pastinya.Mau ngintip juga ah kesana...

ajeng said...
on 

halo.., mba Tanzil cantik, aku mampir lagi, soalnya datuk blogspot ga eror lagi. Ah, ntar klo semua urusan disini dah pada berees mo lanjutin hoby adventur lagi dah, yg jelas nemui mba Tanjil...
eh.., di weblog Artpartner ada pengumuman kepedulian tentang lingkungan, aku harap mba' Tanzil cantik dan semua yg ada disini bisa ikut berpartisipasi!

Art Partner said...
on 

Mampir dan salam kenal.

asyik juga ya ... cantik, pinter, dapet kesempatan emas lagi. Sambel menyelam minum air, kesukaan yang membawa berkah namanya.

Ini refiew blog ya ?

annie said...
on 

wiiiih Nila tanzil ngak cuma pintar dan hobi jalan, tapi hebat mnumuhkan minat baca anak-anak di Flores#ngayal kapan ya bisa kayak Nila Tanzil bisa punya taman bacaan

Neyna Naya said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs