-

September 19, 2008

Putra Inuman Pengusul Paten Perdana Unri

Putra Inuman Pengusul Paten Perdana UnriSaat Unri mencanangkan penelitian berbasis paten. Fadil MT sudah membuktikannya. Penelitianya sedang diusulkan memperoleh legalitas paten.

Berawal dari pelatihan pemanfaatan hasil pene­litian, pengabdian mas­yarakat dan kreatifitas mahasiswa yang berpo­tensi paten. Dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendi­dikan Tinggi (Dikti) di Pekanbaru (17-19/4) lalu. Hal ini membuat ruang penelitian Fadil, salah satu dosen Fakultas Teknik Unri ini berpotensi dipatenkan.

Setelah melalui seleksi awal. Fadel termasuk 200 orang yang layak me­ngajukan usulan. Setelah melalui tahapan penye­leksian berikutnya. Ia termasuk tiga puluh enam orang yang lulus seleksi. Menyisihkan do­sen-dosen dari universitas lain yang ikut penye­leksian Draff Paten Dikti .

Berdasarkan rekomen­dasi Dikti itulah, maka Rabu (23/7) lalu Padil. MT mendaftarkan penelitian­nya. Ide penelitian Fadil terinspirasi ketika melihat proses industri pertanian di Riau yang selalu meng­hasilkan limbah.

Seperti halnya limbah padat (bio­massa) sawit. Menu­rutnya banyak yang terbuang sia-sia seperti batang sawit, cang­kang sawit, pelepah sawit, tandan kosong sawit, sabut sawit yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Ia pun berpikir bagai­mana untuk meman­faatkan limbah tersebut menjadi asap cair yang bisa digunakan sebagai pengganti formalin. “Kita jadikan limbah tadi menjadi liquid smoke. Liquid smoke ini setelah kita olah, bisa dikatakan minim efek samping. Dan baik untuk kesehatan sebagai peng­ganti formalin,” ung­kap dosen lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) ini.

Selain baik untuk pengawet makanan. Hasil pene­litianya ini bisa digunakan sebagai bahan pe­ngawet bagi industri non pangan seperti karet.

Menurutnya, liquid smoke (asap cair, red) ini dioleh sedemikian rupa dari limbah padat. Melalui proses pirolisis dan absorbsi yang meng­hasilkan cairan.

“Limbah tersebut ter­nyata mengan­dung sum­ber senyawa-senyawa yang penting dari hasil pirolisis kons­tituen kayu seperti selu­losa, hemi­selulosa, dan lignin,” ujarnya. “ Zat zat ini yang dimanfaatkan seba­gai bahan pengawet,”kata putra kelahiran Inuman, Kuan­sing ini.

Usulan permohonan paten nya dengan nomor P00200800485 di Departe­men Hukum dan HAM (Dephum dan HAM) ma­sih menunggu proses lajutan. Sekarang hasil pe­nelitiannya telah mema­suki tahap masa tunggu selama delapan belas bulan.

Setelah itu, akan memasuki masa publikasi selama enam bulan dan masa pemeriksaan sub­stantif selama 36 bulan. Selanjutnya, hasil pene­litian ini baru bisa diambil keputusan pada uji berikutnya.

Disitulah pro­duk ini resmi memperoleh paten. “Semoga bisa ter­wujud,” ujarnya.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

2 komentar to “Putra Inuman Pengusul Paten Perdana Unri”

orang kampungnya ya??, hebat...

eh udah berubah ya nama blog ini.

Hendrawan said...
on 

Luar Biasa!

Pak Ngah Musafir Kelana said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs