-

August 17, 2008

Kabupaten Kuantan Singingi

Kabupaten Kuantan Singingi

Kabupaten Kuantan Singingi adalah daerah asal saya. Disanalah tempat saya dilahirkan dan dibesarkan oleh ibunda tercinta. Pertama kali saya membuat blog ini adalah dengan tujuan mempromosikan daerah asal saya ke dunia luar. Tak lain dan tak bukan adalah Seni, Wisata dan Budaya Kabupaten Kuantan Singingi yang saya promosikan melalui weblog ini. Contohnya seperti event Wisata Budaya Pacu Jalur Tradisional Kuantan Singingi. Oh iya sebelumnya saya mempromosikan tentang Seni, Wisata dan Budaya Kabupaten Kuantan Singingi. Maka saya akan memperkenalkan sekilas tentang Kabupaten Kuantan Singingi.


Informasi Umum Kabupaten Kuantan Singingi

Kabupaten Kuantan Singingi berada di bagian Selatan Propinsi Riau, pada 00 Lintang Utara - 10 Lintang Selatan dan 10102’ – 101055’ Bujur Timur. Kabupaten ini berada di area seluas 7656,03 km2 dengan batas-batas sebagai berikut :


1. Di Utara berbatasan dengan Kabupaten Kampar dan Pelalawan.
2. Di Selatan berbatasan dengan Jambi.
3. Di sebelah Barat berbatasan dengan Sumatera Barat.
4. Di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Indragiri Hulu.


Kabupaten Kuantan Singingi terdiri dari 12 Kecamatan, 10 Kelurahan dan 199 desa, dengan Taluk Kuantan sebagai ibukota Kabupaten. Selain Taluk Kuantan, kota penting lainnya adalah Lubuk Jambi, Muara Lembu, Benai, Baserah, Cerenti, Lubuk Ambacang, Kampung Baru, Kota Baru, dan Inuman. Kabupaten Kuantan Singingi beriklim tropis. Musim hujan berlangsung dari bulan September – Februari, dan curah hujan tertinggi pada bulan Desember.


Musim kemarau pada bulan Maret – Agustus. Kabupaten Kuantan Singingi terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi kira kira 400 m di atas permukaan laut. Dataran tinggi di daerah ini cenderung berangin dan berbukit dengan kecenderungan 5 – 300. Dataran tinggi berbukit mencapai ketinggian 400-800 m di atas permukaan laut dan merupakan bagian dari jajaran Bukit Barisan. Total populasi penduduk adalah 221.676 jiwa dengan kepadatan 28 orang per km2. Kebanyakan masyarakatnya adalah berasal dari suku Melayu dengan dialek yang hampir sama dengan dialek Minangkabau – etnis yang hidup di daerah Sumatra Barat. Mata pencarian utama penduduk di daerah ini sebagian besar (75%) adalah bertani, sementara yang lainnya bekerja pada bidang jasa, perdagangan, dan pegawai negeri.


Transportasi Kabupaten Kuantan Singingi

Untuk membuka keterisolasian dan mengembangkan bagian Selatan Kabupaten ini, mengawali tahun fiskal 2000, maka telah dibuat jalan raya untuk lintas Selatan, sementara jalan yang lama sepanjang 166,5 km diperbaiki. Saat ini, beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten ini sudah dilalui oleh berbagai kendaraan. Jalan yang dilalui adalah 1.998, 26 km. Taluk Kuantan sebagai ibukota Kabupaten - merupakan jalur Barat Trans-Sumatera yang menghubungkan Jawa dengan kota lainnya di Sumatera, seperti Padang, Bengkulu, Palembang, Lampung, Medan, dan Aceh. Transportasi sungai yang menggunakan sungai Kuantan sangat membantu untuk perjalanan domestic, khususnya untuk desa-desa terpencil yang ada di tepian sungai.


Dengan berdirinya Riau Airlines (RAL) sebagai Perusahaan yang bergerak di bawah naungan Pemerintah Riau, untuk kedepannya akan dibuka penerbangan ke Kuantan Singingi, yang berlokasi di Kuantan Tengah – dalam rangka membuka akses transportasi daerah ke Kabupaten ini.


Listrik Kabupaten Kuantan Singingi

Pembangkit listrik yang sudah ada saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan kapasitas total 4180 MW. Selain itu, juga terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mampu untuk mencukupi kebutuhan listrik di Kabupaten ini – yang berpusat di Bukit Bertabuh, desa Lumbuk Ambacang, Kecamatan Kuantan Mudik. Yang terakhir akan dibuat pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga uap di daerah Cerenti, pada tahun 2004.


Telekomunikasi Kabupaten Kuantan Singingi

Layanan PT Pos sudah mencakup ke seluruh bagian daerah yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Penduduk juga dapat berkomunikasi dengan menggunakan telepon, sementara telepon selular dapat dilayani di kota Taluk Kuantan.


Air Bersih Kabupaten Kuantan Singingi

PDAM telah beroperasi di Taluk Kuantan, Lubuk Jambi, Benai, Pangean, Basrah dan Cerenti. Namun begitu, kebanyakan penduduknya tetap menggunakan air dari sumur dan sungai Kuantan untuk kegiatan rumah tangga.


Fasilitas Pendukung Lainnya

Sedikitnya terdapat 3 Bank komersial yang melayani aktifitas bisnis dan perdagangan di Kabupaten ini, yaitu : Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Pembangunan Daerah Riau.


Untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Pemerintah Daerah Kuantan Singingi secara kontinu membangun infrastruktur dan fasilitas yang berhubungan dengan kesehatan. Saat ini terdapat Rumah Sakit Umum, Pusat Kesehatan Masyarakat (11), dan Pusat Pelayanan Terpadu (60).


Pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi


Wisata Alam Kuantan Singingi
Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban di Lubuk Jambi.
Air Terjun Guruh Gemurai.
• Wisata Alam Bukit Cokiak di Muara Lembu.
• Panorama Bukit Cokiak.
• Danau Kari Koto Kari.
• Dam Teso di Benai.


Wisata Petualangan Kuantan Singingi
• Tambang Emas di Logas.
• Berakit di Sungai Singingi.
• Berakit di Pangkalan Indarung
• Hutan Lindung Bukit Bungkuk dan Bukit Baling di Singingi.
• Gua Bunian di Bukit Kanua.
• Hiking dan Tracking di Bukit Batabuah.


Wisata Peninggalan Budaya dan Sejarah
• Rumah Tradisional Tua Koto Rajo.
• Kompleks Candi Sangan.


Pacu Jalur Kuantan Singingi
Pacu Jalur merupakan festival terbesar untuk masyarakat yang berada di sepanjang sungai Kuantan – setiap setahun sekali, untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia. Pacu Jalur adalah perlombaan mendayung ‘kano’ – yaitu semacam sampan yang terbuat dari kayu pohon sepanjang 25-40 meter, yang didayung oleh 50-60 orang. Sebelum acara dimulai, diadakan acara berupa tarian dan nyanyian untuk menghibur seluruh peserta dan masyarakat yang berada di Taluk Kuantan.


Perahu Baganduang
Atraksi budaya dan perayaan masyarakat Kuantan ditandai dengan parade sampan tradisional yang dihiasi dengan berbagai ornamen dan warna - warna yang menarik.


Randai Kuantan
Randai adalah sandi antara dengan seni bela diri dengan tarian yang diiringi musik tradisional. Biasanya pertunjukkan ini berlangsung semalaman dan menceritakan tentang legenda di daerah tersebut.


Upacara Tradisonal / Kerajinan seni
Ada beberapa kerajinan yang dapat di jadikan buah tangan, seperti pahatan, tekat, suji,dan lainnya. Selain itu juga terdapat beberapa upacara tradisional, seperti :

• Upacara pernikahan.
• Upacara Belian atau Bulian.
• Upacara sesajian.
• Pengobatan tradisional.


Beberapa Potensi Daerah Kuantan Singingi
Agrikultur, Hasil Panen, dan Holtikultura.
Sektor agrikultur masih memegang peranan penting sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat Kuantan Singingi. Lahan untuk padi seluas 10.237 ha pada tahun 2001, dengan hasil produksi 41.312,16 ton. Sebagai tambahan, Kabupaten Kuantan Singingi juga memproduksi berbagai komoditas seperti jeruk, rambutan, mangga, duku, durian, nangka, papaya, pisang, cabai, terung, timun, kol,dan tomat.


Perkebunan Kuantan Singingi
Ada beberapa hasil penting yang ada di daerah Kuantan Singingi, seperti karet, kelapa, minyak sawit, coklat, dan berbagai tanaman lainnya.

Hewan Ternak
Beberapa hewan ternak yang dipelihara antara lain :
• Sapi : 17.368 ekor
• Kerbau : 17.132 ekor
• Ayam : 200.061 ekor
• Bebek : 27.442 ekor

Kehutanan
Sumber potensial di sector kehutanan antara lain :
• Produksi hutan terbatas : 316.700 ha.
• Hutan konversi : 450.00 ha.
• Hutan lindung : 28.000 ha.
• Hutan margasatwa : 136.000 ha.


Pertambangan Kuantan Singingi
Kabupaten Kuantan Singingi memiliki potensial yang besar di sektor pertambangan dan energi, yang termasuk kepada komoditas batu gamping, suntan, batu bara, gas alam, pasir sungai, emas, dan kaolin.


Industri di Kuantan Singingi
Beberapa bidang industri yang memiliki potensi ekonomi yaitu :
• Industri minyak sawit.
• Industri lempengan karet.
• Industri perabotan.
• Industri pengolahan makanan tradisional.
• Industri rumah tangga.
Beberapa Bidang yang Potensial untuk Investasi
1. Pembangkit listrik dengan kapasitas kecil.
2. Pengembangan kesuburan tanaman.
3. Pengolahan air bersih.
4. Pengembangan infrastruktur transportasi.


Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

5 komentar to “Kabupaten Kuantan Singingi”

klo gue sih maunnya ketempat pertambangannya itu tuh

diqky said...
on 

salut nih..

bisa mengembangkan wilayahnya lewat blog..

manusiahero said...
on 

informasi yang disajikan lengkap. bro
mau nembak keyword lagi, ada yang baru video bokep julia perez, ini asli lho di anakayam.us dan lintas berita.com

eri-communicator said...
on 

bisa minta info, ada penginapan yang bagus nggak di sana??

suzana said...
on 

bro salam buat alumni smk ekonomi di taluk th 93. Dari anak desa marsawa..email.gans.taylor@gmail.com

gans-taylor said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs